HUBUNGAN BULLYING DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMPN 1 BANGSALSARI

PUTRI, AYU BUDI ARIFINDA (2023) HUBUNGAN BULLYING DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMPN 1 BANGSALSARI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Perilaku yang negatif biasanya tidak dapat dikendalikan ketika individu tersebut dikelilingi dengan amarah yang dapat menimbulkan tindakan yang tidak baik. Salah satu tindakan kekerasan yang sering terjadi yaitu bullying. Perilaku bullying ini menyebabkan korban mengalami gangguan mental karena terus dirundung oleh teman-teman sekolahnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan bullying dengan perkembangan emosional pada remaja. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi remaja di SMP Negeri 1 Bangsalsari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Penentuan sampel dengan rumus slovin dan dibutuhkan sejumlah 133 responden. Variabel prediktornya adalah bullying dan variabel responnya adalah perkembangan emosional. Pengumpulan data menggunakan kuesioneer Child Adolescent Bullying Scale (CABS) dan Emotional Intellegent Scale (PcSc). Analisis data menggunakan spearman rho dengan ketentuan α ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara bullying dengan perkembangan emosional (p = <0,002; r = - 0,269). Arah hubungan negatif dengan kekuatan hubungan cukup baik. Remaja yang mengalami perilaku bullying dapat berisiko berpengaruhnya dengan perkembangan emosionalnya. Perlu adanya upaya memberikan edukasi untuk menurunkan kejadian bullying sehingga perkembangan emosional remaja akan lebih membaik. Kata kunci: bullying, remaja, perkembangan emosional Daftar Pustaka 53 (2008-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BULLYING, REMAJA, PERKEMBANGAN EMOSIONAL
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Department: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: PUTRI AYU BUDI ARIFINDA
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorYENI, SURYANINGSIHNIDN0701037905
Thesis advisorSASMIYANTO, SASMIYANTONIDN0716047902
Contact Email Address: puyriayu15@gmail.com
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:18
Last Modified: 14 Aug 2023 06:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item View Item