HUBUNGAN BULLYING DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMPN 1 BANGSALSARI
PUTRI, AYU BUDI ARIFINDA (2023) HUBUNGAN BULLYING DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMPN 1 BANGSALSARI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) |
![]() |
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak
Perilaku yang negatif biasanya tidak dapat dikendalikan ketika individu tersebut
dikelilingi dengan amarah yang dapat menimbulkan tindakan yang tidak baik.
Salah satu tindakan kekerasan yang sering terjadi yaitu bullying. Perilaku bullying
ini menyebabkan korban mengalami gangguan mental karena terus dirundung oleh
teman-teman sekolahnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan
bullying dengan perkembangan emosional pada remaja. Desain penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasional dengan pendekatan cross
sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi remaja di SMP Negeri
1 Bangsalsari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Penentuan sampel
dengan rumus slovin dan dibutuhkan sejumlah 133 responden. Variabel
prediktornya adalah bullying dan variabel responnya adalah perkembangan
emosional. Pengumpulan data menggunakan kuesioneer Child Adolescent Bullying
Scale (CABS) dan Emotional Intellegent Scale (PcSc). Analisis data menggunakan
spearman rho dengan ketentuan α ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada
hubungan yang bermakna antara bullying dengan perkembangan emosional (p =
<0,002; r = - 0,269). Arah hubungan negatif dengan kekuatan hubungan cukup baik.
Remaja yang mengalami perilaku bullying dapat berisiko berpengaruhnya dengan
perkembangan emosionalnya. Perlu adanya upaya memberikan edukasi untuk
menurunkan kejadian bullying sehingga perkembangan emosional remaja akan
lebih membaik.
Kata kunci: bullying, remaja, perkembangan emosional
Daftar Pustaka 53 (2008-2023)
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingYENI, SURYANINGSIHNIDN0701037905Dosen PembimbingSASMIYANTO, SASMIYANTONIDN0716047902
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | BULLYING, REMAJA, PERKEMBANGAN EMOSIONAL |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene |
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) |
Depositing User: | PUTRI AYU BUDI ARIFINDA | puyriayu15@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 06:18 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 06:18 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |