PENERAPAN METODE SCRAMBLE GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MAHFUDZOT DI PONDOK PESANTREN MODERN MBS AL ISLAM PALERAN



Hanik, Umi (2023) PENERAPAN METODE SCRAMBLE GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MAHFUDZOT DI PONDOK PESANTREN MODERN MBS AL ISLAM PALERAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 01 PENDAHULUAN.pdf] Text
01 PENDAHULUAN.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of 02 ABSTRAK.pdf] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 03 BAB I.pdf] Text
03 BAB I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 04 BAB II.pdf] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of 05 BAB III.pdf] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of 06 BAB IV.pdf] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of 07 BAB V.pdf] Text
07 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[thumbnail of 08 BAB VI.pdf] Text
08 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of 09 DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
09 DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 10 LAMPIRAN.pdf] Text
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Siswa pada kelas Fatimah di Pondok Pesantren Modern MBS Al Islam Paleran memiliki hasil belajar yang rendah. Ditemukan bahwa guru yang mengajarkan materi Mahfudzot hanya menerapkan satu metode saja yaitu ceramah. Sehingga siswa merasa kurang menarik dan mengantuk. Akhirnya peneliti mencai cara agar siswa dapat semangat untuk menerima materi yaitu dengan mencoba mengaplikasikan metode scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mahfudzot di Pondok Pesantren Modern MBS Al Islam Paleran pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Dalam subjek penelitian ini adalah siswa kelas Fatimah yang berjumlah 9 siswa. Pada penelitian ini menggunakan Class Action Research atau PTK. Yang terdiri dari 4 tahap diantaranya (1) Planning (2) Implementation (3) Observation, and (4) Reflection. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan evaluasi atau tes. Dalam penerapan metode scramble ini mendapatkan peningkatan pada hasil belajar siswa. Yang mana pada pra siklus hanya 33% (3 siswa) dan pada siklus I menjadi 55% (5 siswa), dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 77% (7 siswa). Penelitian ini memberikan bukti bahwa adanya kenaikan hasil belajar yang signifikan setelah diadakannya perbaikan dalam tindakan kelas dengan menggunakan metode scramble.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Nursyamsiyah, Siti
nidn0706027901
Dosen Pembimbing
Wahana Putra, Dhian
nidn0729108601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Metode belajar, Scramble, Hasil Belajar, Mahfudzot
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Umi Hanik | umihanik745@gmail.com
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:26
Last Modified: 24 Aug 2023 06:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19601

Actions (login required)

View Item View Item