Hanik, Umi (2023) PENERAPAN METODE SCRAMBLE GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MAHFUDZOT DI PONDOK PESANTREN MODERN MBS AL ISLAM PALERAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
01 PENDAHULUAN.pdf Download (553kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (248kB) |
|
Text
03 BAB I.pdf Download (124kB) |
|
Text
04 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text
06 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text
07 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text
08 BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text
09 DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (147kB) |
|
Text
10 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa pada kelas Fatimah di Pondok Pesantren Modern MBS Al Islam Paleran memiliki hasil belajar yang rendah. Ditemukan bahwa guru yang mengajarkan materi Mahfudzot hanya menerapkan satu metode saja yaitu ceramah. Sehingga siswa merasa kurang menarik dan mengantuk. Akhirnya peneliti mencai cara agar siswa dapat semangat untuk menerima materi yaitu dengan mencoba mengaplikasikan metode scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mahfudzot di Pondok Pesantren Modern MBS Al Islam Paleran pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Dalam subjek penelitian ini adalah siswa kelas Fatimah yang berjumlah 9 siswa. Pada penelitian ini menggunakan Class Action Research atau PTK. Yang terdiri dari 4 tahap diantaranya (1) Planning (2) Implementation (3) Observation, and (4) Reflection. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan evaluasi atau tes. Dalam penerapan metode scramble ini mendapatkan peningkatan pada hasil belajar siswa. Yang mana pada pra siklus hanya 33% (3 siswa) dan pada siklus I menjadi 55% (5 siswa), dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 77% (7 siswa). Penelitian ini memberikan bukti bahwa adanya kenaikan hasil belajar yang signifikan setelah diadakannya perbaikan dalam tindakan kelas dengan menggunakan metode scramble.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode belajar, Scramble, Hasil Belajar, Mahfudzot | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education | |||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Umi Hanik | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | umihanik745@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2023 06:26 | |||||||||
Last Modified: | 24 Aug 2023 06:26 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19601 |
Actions (login required)
View Item |