PENERAPAN METODE SCRAMBLE GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MAHFUDZOT DI PONDOK PESANTREN MODERN MBS AL ISLAM PALERAN

Hanik, Umi (2023) PENERAPAN METODE SCRAMBLE GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MAHFUDZOT DI PONDOK PESANTREN MODERN MBS AL ISLAM PALERAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
01 PENDAHULUAN.pdf

Download (553kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
03 BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
07 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text
08 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
09 DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Siswa pada kelas Fatimah di Pondok Pesantren Modern MBS Al Islam Paleran memiliki hasil belajar yang rendah. Ditemukan bahwa guru yang mengajarkan materi Mahfudzot hanya menerapkan satu metode saja yaitu ceramah. Sehingga siswa merasa kurang menarik dan mengantuk. Akhirnya peneliti mencai cara agar siswa dapat semangat untuk menerima materi yaitu dengan mencoba mengaplikasikan metode scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mahfudzot di Pondok Pesantren Modern MBS Al Islam Paleran pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Dalam subjek penelitian ini adalah siswa kelas Fatimah yang berjumlah 9 siswa. Pada penelitian ini menggunakan Class Action Research atau PTK. Yang terdiri dari 4 tahap diantaranya (1) Planning (2) Implementation (3) Observation, and (4) Reflection. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan evaluasi atau tes. Dalam penerapan metode scramble ini mendapatkan peningkatan pada hasil belajar siswa. Yang mana pada pra siklus hanya 33% (3 siswa) dan pada siklus I menjadi 55% (5 siswa), dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 77% (7 siswa). Penelitian ini memberikan bukti bahwa adanya kenaikan hasil belajar yang signifikan setelah diadakannya perbaikan dalam tindakan kelas dengan menggunakan metode scramble.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar, Scramble, Hasil Belajar, Mahfudzot
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umi Hanik
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorNursyamsiyah, Sitinidn0706027901
Thesis advisorWahana Putra, Dhiannidn0729108601
Contact Email Address: umihanik745@gmail.com
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:26
Last Modified: 24 Aug 2023 06:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19601

Actions (login required)

View Item View Item