Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas X MIPA 4 SMA NEGERI 1 TEMPEH



Khasanah, Lelly Khusnul (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas X MIPA 4 SMA NEGERI 1 TEMPEH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran role playing merupakan pembelajaran yang membantu siswa dalam mengembangkan imajinasinya dan penghayatan siswa dengan cara memerankan drama. Penerapan metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata Pelajaran PAI diterapkan di Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 01 Tempeh. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X MIPA 4 melalui metode pembelajaran role playing di SMA Negeri 01 Tempeh. Tujuan penelitian ini yakni Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X MIPA 4 melalui metode pembelajaran role playing di SMA Negeri 01 Tempeh. Pendekatan kualitiatif deskriptif, penelitian ini melewati 3 tahap pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran metode role playing dalam meningkatkan keaktifan siswa di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 01 Tempeh menggunakan 6 langkah-langkah yakni guru menjelaskan materi terlebih dahulu, mengingat pengalaman lalu berdiskusi antar kelompok, presentasi, menanggapi dan mengaitkan materi. Terdapat perbedaan pada langkah-langkah metode pembelajaran menurut para ahli dengan hasil penelitian yang didapat oleh peneliti. Perbedaan tersebut ada pada langkah-langkah pertama dimana menurut para ahli guru menyusun serta menyiapkan skenario yang akan ditampilkan. Sedangkan hasil penelitian yang peneliti peroleh penyusunan skenario diserahkan sepenuhnya kepada siswa. Guna sebagai ajang menguji keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Keaktifan siswa dalam menerapkan metode role playing meningkat, mereka lebih aktif dan bersemangat, sehingga terjadinya kegiatan pembelajaran yang menarik. Pembelajaran dengan menggunakan metode ini juga memerlukan kerjasama antara guru dan siswa sehingga guru berperan sebagai fasilitator untuk siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar berlangsung.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Sofyan, Rofi
NIDN0705078402
Dosen Pembimbing
Huda, Hairul
NIDN0720018902

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Metode Pembelajaran Role Playing, Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: 200 Religious > 201 Religious Mythology
200 Religious > 201 Religious Mythology > 204 Religius Experience, Life & Practice
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Lelly Khusnul Khasanah | lkh77079@gmail.com
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:30
Last Modified: 25 Jun 2024 01:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21083

Actions (login required)

View Item View Item