Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas X MIPA 4 SMA NEGERI 1 TEMPEH

Khasanah, Lelly Khusnul (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas X MIPA 4 SMA NEGERI 1 TEMPEH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran role playing merupakan pembelajaran yang membantu siswa dalam mengembangkan imajinasinya dan penghayatan siswa dengan cara memerankan drama. Penerapan metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata Pelajaran PAI diterapkan di Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 01 Tempeh. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X MIPA 4 melalui metode pembelajaran role playing di SMA Negeri 01 Tempeh. Tujuan penelitian ini yakni Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X MIPA 4 melalui metode pembelajaran role playing di SMA Negeri 01 Tempeh. Pendekatan kualitiatif deskriptif, penelitian ini melewati 3 tahap pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran metode role playing dalam meningkatkan keaktifan siswa di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 01 Tempeh menggunakan 6 langkah-langkah yakni guru menjelaskan materi terlebih dahulu, mengingat pengalaman lalu berdiskusi antar kelompok, presentasi, menanggapi dan mengaitkan materi. Terdapat perbedaan pada langkah-langkah metode pembelajaran menurut para ahli dengan hasil penelitian yang didapat oleh peneliti. Perbedaan tersebut ada pada langkah-langkah pertama dimana menurut para ahli guru menyusun serta menyiapkan skenario yang akan ditampilkan. Sedangkan hasil penelitian yang peneliti peroleh penyusunan skenario diserahkan sepenuhnya kepada siswa. Guna sebagai ajang menguji keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Keaktifan siswa dalam menerapkan metode role playing meningkat, mereka lebih aktif dan bersemangat, sehingga terjadinya kegiatan pembelajaran yang menarik. Pembelajaran dengan menggunakan metode ini juga memerlukan kerjasama antara guru dan siswa sehingga guru berperan sebagai fasilitator untuk siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Role Playing, Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: 200 Religious > 201 Religious Mythology
200 Religious > 201 Religious Mythology > 204 Religius Experience, Life & Practice
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lelly Khusnul Khasanah
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorSofyan, RofiNIDN0705078402
Thesis advisorHuda, HairulNIDN0720018902
Contact Email Address: lkh77079@gmail.com
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:30
Last Modified: 25 Jun 2024 01:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21083

Actions (login required)

View Item View Item