Strategi Pembelajaran Metode E-learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI kelas VII B di SMPN 3 Purwoharjo

Purwanti, Rika Aprilia (2024) Strategi Pembelajaran Metode E-learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI kelas VII B di SMPN 3 Purwoharjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (31MB)
[img] Text
B. ABSTRAK 2.pdf

Download (6MB)
[img] Text
C. BAB I 2.pdf

Download (22MB)
[img] Text
D. BAB II 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatkan aktivitas belajar siswa perlu adanya pembelajaran yang efektif. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa yaitu pembelajaran dengan metode e-learning. Strategi pembelajaran PAI di SMPN 03 Purwoharjo telah menerapkan pembelajaran metode e-learning berbasis google classroom. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana strategi pembelajaran metode e-learning dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama islam kelas VII B di SMPN 3 Purwoharjo. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran metode e-learning dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode kualitatif berjenis deskriptif dengan mengumpulkan tiga data melalui observasi, waancara dan dokumentasi. Adapun tiga tahapan yang digunakan untuk menganalisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik tringulasi yang digunakan dalam mengecek keabsahan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya strategi pembelajaran metode e-learning berbasis google classroom dalam meningkatkan aktivitas siswa di SMPN 03 Purwoharjo cukup efektif dan lebih kondusif. Pembelajaran metode e - learning berbasis media google classroom berdampak positif terhadap efektivitas belajar yang dicapai. Siswa lebih antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran baik dalam memperhatikan penjelasan materi pelajaran, mengerjakan tugas, dan berani mengemukakan pengalaman dan pendapat mengenai materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode E-learning, Aktivitas Siswa, Google Classroom
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Rika Aprilia Purwanti
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:06
Last Modified: 24 Jul 2024 07:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22292

Actions (login required)

View Item View Item