Purwanti, Rika Aprilia (2024) Strategi Pembelajaran Metode E-learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI kelas VII B di SMPN 3 Purwoharjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (31MB) |
|
Text
B. ABSTRAK 2.pdf Download (6MB) |
|
Text
C. BAB I 2.pdf Download (22MB) |
|
Text
D. BAB II 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (28MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11MB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (36MB) | Request a copy |
Abstract
Meningkatkan aktivitas belajar siswa perlu adanya pembelajaran yang efektif. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa yaitu pembelajaran dengan metode e-learning. Strategi pembelajaran PAI di SMPN 03 Purwoharjo telah menerapkan pembelajaran metode e-learning berbasis google classroom. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana strategi pembelajaran metode e-learning dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama islam kelas VII B di SMPN 3 Purwoharjo. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran metode e-learning dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode kualitatif berjenis deskriptif dengan mengumpulkan tiga data melalui observasi, waancara dan dokumentasi. Adapun tiga tahapan yang digunakan untuk menganalisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik tringulasi yang digunakan dalam mengecek keabsahan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya strategi pembelajaran metode e-learning berbasis google classroom dalam meningkatkan aktivitas siswa di SMPN 03 Purwoharjo cukup efektif dan lebih kondusif. Pembelajaran metode e - learning berbasis media google classroom berdampak positif terhadap efektivitas belajar yang dicapai. Siswa lebih antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran baik dalam memperhatikan penjelasan materi pelajaran, mengerjakan tugas, dan berani mengemukakan pengalaman dan pendapat mengenai materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode E-learning, Aktivitas Siswa, Google Classroom | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities | |||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Agroteknologi | |||||||||
Depositing User: | Rika Aprilia Purwanti | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | rikaapriliapurwanti8@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 07:06 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 07:06 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22292 |
Actions (login required)
View Item |