PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER



Sukirna, Jihada Akbar Labay El (2025) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Cover PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG-1-16.pdf] Text
Cover PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG-1-16.pdf

Download (916kB)
[thumbnail of Abstrak PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (2).pdf] Text
Abstrak PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (2).pdf

Download (198kB)
[thumbnail of BAB I PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (3).pdf] Text
BAB I PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (3).pdf

Download (208kB)
[thumbnail of BAB II PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (4).pdf] Text
BAB II PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (5).pdf] Text
BAB III PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (6).pdf] Text
BAB IV PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (6).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (7).pdf] Text
BAB V PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (7).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (8).pdf] Text
BAB VI PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy (8).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustka PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy.pdf] Text
Daftar Pustka PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of Lampiran PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy - Copy.pdf] Text
Lampiran PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK ERLANGGA KECAMATAN PATRANG - Copy - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan bahasa reseptif anak usia dini di TK Erlangga Kecamatan Patrang. Bahasa reseptif merupakan kemampuan anak dalam memahami dan merespon bahasa lisan yang didengar, yang menjadi dasar penting bagi perkembangan komunikasi dan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelompok B dan anak-anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran strategis dalam mengembangkan bahasa reseptif anak melalui berbagai metode seperti bercerita, bermain peran, menyanyi, serta penggunaan media pembelajaran yang interaktif. Selain itu, guru juga menciptakan lingkungan belajar yang komunikatif dan responsif terhadap kebutuhan bahasa anak. Kesimpulannya, peran guru sangat penting dalam stimulasi bahasa reseptif anak usia dini melalui pendekatan yang kreatif dan sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Khoiriyah, Khoiriyah
nidn0725116503
Dosen Pembimbing
Kusumaningtyas, Nuraini
nidn0721108101

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Bahasa Reseptif Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Jihada Akbar Labay El Sukirna | jihadaakbar23@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:00
Last Modified: 19 Aug 2025 02:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26631

Actions (login required)

View Item View Item