Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smpt Madinatul Ulum Jenggawah



Wahyuni, Sucia (2019) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smpt Madinatul Ulum Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (995kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar

Kemampuan komunikasi interpersonal merupakan hal mendasar yang harus dimiliki setiap manusia, terutama bagi sorang guru. Melalui komunikasi interpersonal, seorang guru dapat memotivasi siswanya untuk melakukan sesuatu yang baik dan positif. Motivasi adalah dorongan kuat dari dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu. Komunikasi interpersonal antar guru dengan siswa dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, peneliti menemukan bahwa sebagian siswa di SMPT Madinatul ulum tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi, disisi lain peneliti juga melihat lemahnya komunikasi antara guru dan siswa di SMPT Madinatul Ulum.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non-parametik. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah menggunakan program IBM SPSS Statistics 22 dengan rumus korelasi product moment. Adapun responden yang digunakan dalam penelitian ini 46 siswa, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yakni metode angket atau kuesioner dengan jumlah butir pertanyaan variabel x sebanyak 17 item, dan variabel y sebanyak 15 item pertanyaan, yang telah diuji hasil validitas dan reliabilitasnya. Dengan rumus perhitungan sampel menggunakan slovin dengan margin error 1% dengan skala linkert.
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai validitas r-hitung lebih besar dari r-tabel. Adapun reliabilitas variabel x dan y sama-sama memiliki nilai alpha 0,801 dikategorikan sangat reliabel. Adapun hasil analisis korelasi dengan rumus product moment didapat hubungan implementasi komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar dengan nilai 0,615 dalam artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh komunikasi interpersonal guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa dikatakan kuat dengan nilai 0,615.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Rofi, Sofyan
nidn0705078402
UNSPECIFIED
Hamid Bakir, Abdul
nidn0713038002

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 05 Oct 2020 06:08
Last Modified: 05 Oct 2020 06:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6152

Actions (login required)

View Item View Item