Wahyuni, Sucia (2019) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smpt Madinatul Ulum Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (995kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (376kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (481kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (527kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar Kemampuan komunikasi interpersonal merupakan hal mendasar yang harus dimiliki setiap manusia, terutama bagi sorang guru. Melalui komunikasi interpersonal, seorang guru dapat memotivasi siswanya untuk melakukan sesuatu yang baik dan positif. Motivasi adalah dorongan kuat dari dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu. Komunikasi interpersonal antar guru dengan siswa dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, peneliti menemukan bahwa sebagian siswa di SMPT Madinatul ulum tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi, disisi lain peneliti juga melihat lemahnya komunikasi antara guru dan siswa di SMPT Madinatul Ulum. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non-parametik. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah menggunakan program IBM SPSS Statistics 22 dengan rumus korelasi product moment. Adapun responden yang digunakan dalam penelitian ini 46 siswa, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yakni metode angket atau kuesioner dengan jumlah butir pertanyaan variabel x sebanyak 17 item, dan variabel y sebanyak 15 item pertanyaan, yang telah diuji hasil validitas dan reliabilitasnya. Dengan rumus perhitungan sampel menggunakan slovin dengan margin error 1% dengan skala linkert. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai validitas r-hitung lebih besar dari r-tabel. Adapun reliabilitas variabel x dan y sama-sama memiliki nilai alpha 0,801 dikategorikan sangat reliabel. Adapun hasil analisis korelasi dengan rumus product moment didapat hubungan implementasi komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar dengan nilai 0,615 dalam artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh komunikasi interpersonal guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa dikatakan kuat dengan nilai 0,615.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 200 Religious 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 05 Oct 2020 06:08 | |||||||||
Last Modified: | 05 Oct 2020 06:09 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6152 |
Actions (login required)
View Item |