Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Koperatif (Numbered Heads Together) Di Mts Negeri 5 Jember

Husen Zainur Ridho, Mahdi (2018) Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Koperatif (Numbered Heads Together) Di Mts Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (216kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (689kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Numbered Heads Together digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, karena Numbered Heads Together adalah sebuah gaya pembelajaran untuk membantu guru dalam memaksimalkan kondisi yang terjadi didalam kelas dengan perencanaan yang matang. Berdasarkan masalah penelitian pada skripsi ini yang ingin dipecahkan adalah bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII c melalui model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 5 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2018, pada siswa kelas VIII c semester I MTs Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dan instrument dalam pengumpulan data yang digunakan adalah Tes Tulis, yaitu Pre-test dan Post-test. Data yang dikumpulkan merupakan hasil tes peserta didik pada saat pembelajaran telah usai. Pada hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa model Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, secara klasikal dari total 23 siswa, 20 siswa meningkat motivasi belajarnya dan 3 siswa belum terlihat motivasinya. Dari perhitungan data yang diperoleh adalah 87% siswa meningkat motivasi belajarnya. Dapat disimpulkan bahwa model Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII c MTs Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2018-2019. Kata Kunci : Numbered Heads Together, meningkatkan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDNursyamsiyah, Sitinidn0706027901
UNSPECIFIEDHuda, Hairulnidn0720018902
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:41
Last Modified: 25 May 2021 05:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7418

Actions (login required)

View Item View Item