MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SUMBEREJO TAHUN AJARAN 2017/2018
Setiyowati, Anis (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SUMBEREJO TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
![]() |
Text
lampiran-lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Media Big Book.
Kemampuan Membaca pada penelitian ini adalah kemampuan anak untuk
menyusun huruf, membaca huruf yang disusun dan menghubungkan gambar dengan kata
menggunakan media Big Book.
Media Big Book pada penelitian ini adalah suatu media penunjang proses
pembelajaran yang terbuat dari bahan triplek kayu berbentuk buku, terdapat gambar dari
kain flannel warna warni, terdapat kartu kata dan kartu huruf dari kertas karton.
Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan adalah Bagaimana
Meningkatkan kemampuan membaca anak melalui media Big Book pada anak kelompok
B di TK Dharma Wanita Sumberejo Tahun Ajaran 2017/2018?
Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan
kemampuan membaca anak melalui media Big Book. penelitian ini dilaksanakan pada
tanggal 21 Juni 2018 sampai tanggal 26 Juni 2018 pada anak kelompok B TK DHARMA
WANITA Sumberejo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan model siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dengan guru.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar anak, meningkat
selama pembelajaran menggunakan media Big Book untuk meningkatkan kemampuan
membaca anak. peningkatan terlihat 10 anak berkembang baik. Perhitungan tersebut
dapat diketahui hasil observasi anak kelompok B dalam meningkatkan kemampuan
membaca anak melalui media Big Book diperoleh 83,33% dari studi pendahuluan
sebanyak 2 anak 16,67% yang berarti kemampuan membaca anak tercapai.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDKhoiriyah, Khoiriyahnidn0725116503UNSPECIFIEDUnedia Rachman, Angraenynidn#
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 04:11 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 04:11 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |