MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AMANAH KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015
Putri Sari, Dinniar (2018) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AMANAH KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
caver skripsi.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
![]() |
Text
Lampiran skripsi.pdf Download (218kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kreativitas, Finger Painting
Finger Painting digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak dalam
melukis dengan menggunakan jari tangan karena di sinilah anka mampu
mengekspresikan diri pada karya seni atau lembar kerja dengan baik
Masalah penelitian yang ingin di pecahkan melalui kegiatan ini adalah
“ bagaimana meningkatkan kreativitas anak melalui tehnik bermain finger painting
pada anak kelompok A di TK Amanah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
pada tahun ajaran 2014-2015?” penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah
tehnik finger panting dapat meningkatkan kreativitas anak.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode observasi,pedoman wawancara dan dokumentasi. Data yang
dikumpulkan berupa aktifitas anak selama kegiatan finger painting berlangsung.
Hasil atau tugas siswa, hasil wawancara dengan guru kelompok A.
Dari observasi studi pendahuluan diperoleh hasil bahwa kemampuan anak
kelompok A dalam melukis dengan jari ditemukan 4 dari 16 anak yang mendapat
bintang tiga, atau baru baru mencapai 25% dari 16 anak. Setelah dilakukan tindakan
pada siklus I kemampuan anak kelompok A dalam melukis dengan menggunakan
jari mengalami peningkatan mencapai 43,75% atau 7 dari 16 anak yang mencapai
bintang tiga. Tetapi hasil siklus I belum memenuhi syarat keberhasilan karena belum
mencapai 75%. Setelah dilakukan tindakan siklus II, kegiatan pembelajaran yang
dilakukan oleh peneliti pada siklus II, secara klasikal telah tercapai. Karena
kemampuan anak kelompok A dalam melukis dengan menggunakan jari yang
mendapat bintang tiga mencapai 87,50%.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDJatmikowati, Tri Endangnidn0029125901
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Jan 2021 01:50 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 01:50 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |