MENINGKATKAN PEMAHAMAN LOGIKA MATEMATIKA AWAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH 3 PATRANG



Vety Cahya, Ike (2018) MENINGKATKAN PEMAHAMAN LOGIKA MATEMATIKA AWAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH 3 PATRANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of ABSTRAK- Kata Kunci logika matematika awal. kegiatan bermain balok.pdf] Text
ABSTRAK- Kata Kunci logika matematika awal. kegiatan bermain balok.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (981kB)

Abstract

Kata Kunci: logika matematika awal. kegiatan bermain balok.

Kemampuan logika matematika awal sangat penting dilakukan untuk anak
usia dini, karena dengan mengenal logika matematika awal, maka anak akan lebih
mudah untuk belajar berhitung. Logika matematika awal yang dimaksud adalah
mengelompokkan, membandingkan, dan menseriasi.
Masalah penelitian yang ingin dipecahkan adalah bagaimanakah
meningkatkan pemahaman logika matematika awal melalui kegiatan bermain
balok pada anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah 3 Patrang.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui bermain balok dapat meningkatkan
pemahaman logika matematika awal anak. Penelitian ini dilaksanakan hingga
siklus III pada anak kelompok usia 4-5 tahun TK Al-Hidayah 3 Patrang.
Penelitian dilaksanakan tanggal 09-21 April 2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode observasi, tes dan non tes (wawancara). Data
yang dikumpulkan berupa aktivitas anak selama kegiatan bermain balok, hasil tes,
hasil wawancara dengan anak dan guru kelompok A.
Berdasarkan hasil observasi, pra siklus penelitian mencapai 26,6%. Setelah
dilakukan penelitian siklus I mencapai 33,3%, siklus II 66,7%, dan siklus III
93,3%. Oleh sebab itu siklus III dihentikan karena memenuhi standar kriteria
kesuksesan yakni 80%. Hal ini berarti kegiatan bermain balok dapat
meningkatkan pemahaman logika matematika awal anak pada usia 4-5 tahun TK
Al-Hidayah 3 Patrang.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Laksmi Wardhani, Wahju Dyah
nidn#
UNSPECIFIED
Misyana, Misyana
nidn0706047201

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:32
Last Modified: 15 Jan 2021 02:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7860

Actions (login required)

View Item View Item