MENINGKATKAN PEMAHAMAN LOGIKA MATEMATIKA AWAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH 3 PATRANG

Vety Cahya, Ike (2018) MENINGKATKAN PEMAHAMAN LOGIKA MATEMATIKA AWAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH 3 PATRANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (345kB)
[img] Text
ABSTRAK- Kata Kunci logika matematika awal. kegiatan bermain balok.pdf

Download (274kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (981kB)

Abstract

Kata Kunci: logika matematika awal. kegiatan bermain balok. Kemampuan logika matematika awal sangat penting dilakukan untuk anak usia dini, karena dengan mengenal logika matematika awal, maka anak akan lebih mudah untuk belajar berhitung. Logika matematika awal yang dimaksud adalah mengelompokkan, membandingkan, dan menseriasi. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan adalah bagaimanakah meningkatkan pemahaman logika matematika awal melalui kegiatan bermain balok pada anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah 3 Patrang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bermain balok dapat meningkatkan pemahaman logika matematika awal anak. Penelitian ini dilaksanakan hingga siklus III pada anak kelompok usia 4-5 tahun TK Al-Hidayah 3 Patrang. Penelitian dilaksanakan tanggal 09-21 April 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes dan non tes (wawancara). Data yang dikumpulkan berupa aktivitas anak selama kegiatan bermain balok, hasil tes, hasil wawancara dengan anak dan guru kelompok A. Berdasarkan hasil observasi, pra siklus penelitian mencapai 26,6%. Setelah dilakukan penelitian siklus I mencapai 33,3%, siklus II 66,7%, dan siklus III 93,3%. Oleh sebab itu siklus III dihentikan karena memenuhi standar kriteria kesuksesan yakni 80%. Hal ini berarti kegiatan bermain balok dapat meningkatkan pemahaman logika matematika awal anak pada usia 4-5 tahun TK Al-Hidayah 3 Patrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDLaksmi Wardhani, Wahju Dyahnidn#
UNSPECIFIEDMisyana, Misyananidn0706047201
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:32
Last Modified: 15 Jan 2021 02:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7860

Actions (login required)

View Item View Item