Arini, Findi (2017) Hubungan Tipe Keluarga dengan Perkembangan Sosial pada Anak Autis di SLB-B dan Autis TPA Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
COVER.pdf Download (138kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (166kB) |
||
Text
BAB I Findi.pdf Download (135kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
Text
BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
Abstract
Autisme merupakan salah satu gangguan perkembangan yang terjadi pada anak. Anak dengan gangguan autis memiliki keterlambatan dalam perkembangannya. Mereka memiliki keterbatasan dalam berinteraksi dengan orang lain. Perkembangan sosial pada anak sangat dipengaruhi oleh agen sosialnya. Hal yang paling utama dalam proses perkembangan sosial adalah keluarga. Keluarga memiliki peranan besar dalam perkembangan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tipe keluarga dengan perkembangan sosial pada anak autis di SLB-B dan Autis dengan pendekatan cross sectional. Tehnik sampling yang digunakan yaitu total sampling pada seluruh siswa autis di SLB-B dan Autis TPA Jember sebanyak 30 responden. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner tipe keluarga dan lembar observasi perkembangan sosial. Analisa data menggunakan uji chi square dengan tingkat signifikan 5% (0,05). Hasil analisa menunjukkan siswa dengan tipe keluarga nuclear family sebanyak 17 responden (56.7%), sedangkan siswa dengan tipe keluarga extended family sebanyak 13 responden (43.3%). Sedangkan untuk perkembangan sosial diperoleh 21 responden (70.0%) dengan perkembangan sosial rendah (kurang), 5 responden (16.7%) dengan perkembangan sosial cukup dan 4 responden (13.3%) dengan perkembangan sosial baik. Hasil uji statistik chi square diperoleh nilai 0,003 dengan α ≤ 0.05. kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan tipe keluarga dengan perkembangan sosial pada anak autis di SLB-B dan Autis TPA Jember. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan untuk lebih meningkatkan terapi untuk perkembangan sosial pada siswa autis yang masih rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tipe Keluarga, Perkembangan Sosial, Anak Autis. | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI14201#ILMUKEPERAWATAN" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Rudi Setiawan | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2018 02:35 | |||||||||
Last Modified: | 14 Sep 2019 07:54 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1024 |
Actions (login required)
View Item |