Hubungan Tipe Keluarga dengan Perkembangan Sosial pada Anak Autis di SLB-B dan Autis TPA Jember

Arini, Findi (2017) Hubungan Tipe Keluarga dengan Perkembangan Sosial pada Anak Autis di SLB-B dan Autis TPA Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
COVER.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I Findi.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Autisme merupakan salah satu gangguan perkembangan yang terjadi pada anak. Anak dengan gangguan autis memiliki keterlambatan dalam perkembangannya. Mereka memiliki keterbatasan dalam berinteraksi dengan orang lain. Perkembangan sosial pada anak sangat dipengaruhi oleh agen sosialnya. Hal yang paling utama dalam proses perkembangan sosial adalah keluarga. Keluarga memiliki peranan besar dalam perkembangan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tipe keluarga dengan perkembangan sosial pada anak autis di SLB-B dan Autis dengan pendekatan cross sectional. Tehnik sampling yang digunakan yaitu total sampling pada seluruh siswa autis di SLB-B dan Autis TPA Jember sebanyak 30 responden. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner tipe keluarga dan lembar observasi perkembangan sosial. Analisa data menggunakan uji chi square dengan tingkat signifikan 5% (0,05). Hasil analisa menunjukkan siswa dengan tipe keluarga nuclear family sebanyak 17 responden (56.7%), sedangkan siswa dengan tipe keluarga extended family sebanyak 13 responden (43.3%). Sedangkan untuk perkembangan sosial diperoleh 21 responden (70.0%) dengan perkembangan sosial rendah (kurang), 5 responden (16.7%) dengan perkembangan sosial cukup dan 4 responden (13.3%) dengan perkembangan sosial baik. Hasil uji statistik chi square diperoleh nilai 0,003 dengan α ≤ 0.05. kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan tipe keluarga dengan perkembangan sosial pada anak autis di SLB-B dan Autis TPA Jember. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan untuk lebih meningkatkan terapi untuk perkembangan sosial pada siswa autis yang masih rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tipe Keluarga, Perkembangan Sosial, Anak Autis.
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 06 Dec 2018 02:35
Last Modified: 14 Sep 2019 07:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item