EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA MENANGGAPI PEMBACAAN CERPEN KELAS VII B SMP NURIS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SETYAWAN, BAGUS (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA MENANGGAPI PEMBACAAN CERPEN KELAS VII B SMP NURIS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
cover.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (40kB)
[img] Text
14. ABSTRAK INDO.pdf

Download (16kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (29kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (14kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (27kB)

Abstract

Pembelajaran Cooperative Script merupakan salah satu bentuk atau model metode pembelajaran kooperatif yang dalam perkembangan pembelajaran Cooperative Script telah mengalami banyak adaptasi sehingga melahirkan beberapa pengertian dan bentuk yang sedikit berbeda antara yang satu dengan yang lainnya, namun pada intinya sama. Pembelajaran Cooperative Script adalah pembelajaran yang mengatur interaksi siswa seperti ilustrasi kehidupan sosial siswa dengan lingkungannya sebagai individu, dalam keluarga, kelompok masyarakat, dan masyarakat yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative script dalam pembelajaran berbicara menanggapi pembacaan cerpen siswa SMP Tahun Pembelajaran 2016/2017 dari hasil penelitian yang dilaksanakan dengan desain pretest, posttest, terhadap kelas control dan kelas eksperimen. Masing-masing berupa tes awal pembacaan cerpen tanpa model cooperative script (pretest) dan tes akhir pembacaan cerpen menggunakan model cooperative script (posttest). Jenis penelitian yang digunakan adalah yaitu penelitian Eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan kelas kontrol. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat, dengan cara mengekspos satu atau lebih kelompok eksperimental dan satu atau lebih kondisi eksperimen.penelitian ini dilakukan dikelas VIIB dan VIIC. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pertama, kemampuan berbicara menanggapi pembacaan cerpen dengan menggunakan metode cooperative script ada perbedaan yang signifikan pada hasil posttest kemampuan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Artinya baik kelas yang menggunakan metode cooperative script dengan kelas yang tidak menggunakan sama-sama mengalami peningkatan dalam kegiatan belajar mengajar. Guru bahasa indonesia sebaiknya menggunakan metode cooperetive script dalam pembelajaran berbicara khususnya pada cerpen.siswa mampu memahami pembelajaran dan siswa mampu memproses belajar lebih mudah dan interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Cooperative Script, Berbicara
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorAMILIA, FITRInidn0725068501
Thesis advisorSamsuri, Samsurinidn0705056605
Date Deposited: 22 Jun 2021 02:31
Last Modified: 22 Jun 2021 02:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10648

Actions (login required)

View Item View Item