Efektivitas Penggunaan WhatsApp Auto Respon Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa

Karunia, Astri (2022) Efektivitas Penggunaan WhatsApp Auto Respon Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1.PENDAHULUAN.pdf

Download (735kB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
3.BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
4.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
5.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
6.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
7.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
8.BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
11.ARTIKEL.pdf

Download (536kB)

Abstract

Masih rendahnya penggunaan WhatsApp Auto Respon dalam pembelajaran Matematika juga diiringi dengan hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini mengungkap efektivitas penggunaan WhatsApp Auto Respon terhadap hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 34 subjek yang diambil dari 61 siswa kelas XI. Pengambilan data dilakukan melalui nilai hasil ujian siswa dan tes berbasis angket masalah WhatsApp Auto Respon. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor indikator jawaban angket yaitu: (1) 21,93%, siswa mampu berdiskusi secara interaktif dan mampu memahami Matematika dengan baik; (2) 26,32%, WhatsApp Auto Respon membantu siswa dalam memahami materi pelajaran; (3) 26,55%, WhatsApp Auto Respon lebih mudah digunakan dibandingkan aplikasi lain; (4) 25,17%, melalui WhatsApp Auto Respon materi yang diberikan dapat berjalan lebih cepat karena berjalan secara otomatis. Tingkat efektivitas siswa dalam pembelajaran pada penelitian ini hanya sebesar 0,1%. Hal ini mengarah pada kesimpulan bahwa efektivitas penggunaan WhatsApp Auto Respon dalam pembelajaran Matematika terhadap hasil belajar siswa masih sangat rendah. Temuan penelitian ini memberikan saran bagi pendidik untuk melakukan inovasi dan kesesuaian dengan kemampuan siswa dalam menggunakan media. Bagi siswa yang kurang memahami media perlu adanya perhatian lebih lanjut dari guru, dan bagi peneliti lain untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penggunaan WhatsApp Auto Respon terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: WhatsApp Auto Respon, Hasil belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Astri Karunia
Date Deposited: 14 Mar 2022 06:43
Last Modified: 14 Mar 2022 06:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13323

Actions (login required)

View Item View Item