Al Amin, Mohammad Ubaidillah (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BTQ DAN TAHFIDZ AL QUR’AN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY INCUIRY DI TPQ MTQS NURUL HUSNA JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (563kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (983kB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (499kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
K. ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Baca Tulis Qur’an adalah sebuah metode dalam belajar membaca kata-kata yang sederhana dan menulis huruf-huruf hijaiyah dengan rapi dan benar. Proses pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an dengan melakukan bimbingan belajar dan pelatihan seperti sekolah Taman Pendidikan Al Qur’an yang sangat dibutuhkan untuk seorang anak untuk bisa menulis, membaca huruf hijaiyah dan Al Qur’an dengan lancar. Selanjutnya Tahfidz Al Qur’an adalah sebuah metode belajar Al Qur’an dengan menghafalnya, yang bertujuan untuk menjaga, memelihara dan melestarikan isi kemurnian dari Al Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui malaikat jibril kemudian disampaikan kepada umatnya yang wajib kita pelihara dalam bentuk cara membacannya, menghafalnya, dan menulisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektivitas pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an dan Tahfidz Al Qur’an melalui strategi pembelajaran Discovery Incuiry di TPQ MTQS Nurul Husna Patrang Jember. Adapun masalah dalam penelitian yaitu bagaimana efektivitas pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an dan Tahfidz Al Qur’an melalui strategi pembelajaran Discovery Incuiry di TPQ MTQS Nurul Husna Patrang Jember? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang maksudnya adalah dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara yang terstruktur, observasi langsung dan dokumentasi. Hasil dari penelitian bahwa dalam proses pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an dan Tahfidz Al Qur’an melalui strategi pembelajaran Discovery Incuiry itu melewati beberapa tahapan yaitu proses perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan evaluasi. Penerapan strategi pembelajaran Discovery Incuiry ini pada pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an dan Tahfidz Al Qur’an bisa berjalan dengan efektif apabila dilihat dari keaktifan dan kemandirian santri-santri dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Baca Tulis Al Qur’an, Tahfidz Al Qur’an dan Discovery Incuiry | |||||||||
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith | |||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Moh Ubaidillah Al Amin Amin | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | ubaidillahmoh7@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2022 04:03 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2022 04:04 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14280 |
Actions (login required)
View Item |