Pengaruh Metode Praktikum dengan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Sunan Drajat Kelas X Materi Protista Tahun Pelajaran 2015/2016

Qomariah, Nurul (2016) Pengaruh Metode Praktikum dengan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Sunan Drajat Kelas X Materi Protista Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I - BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
1. matriks (36).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
3. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (39-45).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
4. Hasil validasi data lampiran (46-47).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
5. Soal pretest (48-55).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
6n8. nilai (56 n 64) 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)

Abstract

Dalam penelitian membahas tentang pengaruh metode praktikum dengan model pembelajaran talking stick karena pada prinsip nya metode praktikum sangat efesien untuk memberikan dampak yang baik untuk siswa sehingga siswa lebih mudah memahami materi dan model talking stick merupakan model pembelajaran interaktif karena lebih menekankan pada keterlibatan keaktifan siswa selama proses pembelajaran.Metode praktikum dengan Model pembelajaran talking stick ini diterapkan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum dengan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Sunan Drajat materi protista,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum dengan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi protista kelas X tahun pelajaran 2015/2016 yang proses pembelajaranya menggunakan metode praktikum dengan model pembelajaran talking stick. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pra eksperimental, populasi sekaligus sample dalam penelitian ini adalah Semua Siswa Kelas X SMK Sunan Drajat yang berjumlah 20 orang,Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data ranah kognitif adalah pretes dan postest dan di analisis menggunakan uji t sedangkan ranah afektif dan psikomotorik menggunakan lembar observasi yang penilaian hasil belajarnya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil pretest pelajaran biologi Siswa kelas X SMK Sunan Drajat yang mengikuti mata pelajaran biologi dengan metode praktikum dengan model pembelajaran talking stick yang berjumlah 20 orang adalah 50 hasil postest nya mendapatkan nilai 80 ini bisa di lihat dari hasil analisis menggunakan uji t didapatkan nilai Thitung menggunakan SPSS yaitu sebesar 12,417. Dengan taraf kepercayaan 95%. Nilai Ttabel dengan derajat kebebasan (df) = 20 – 1 = 19, maka Ttebel = t(1-0,95) yaitu sebesar 1,70. Jadi dapat dapat disimpulkan nilai t hitung 12,417 > Ttabel 1,70 , ini berarti H1 diterima, yaitu ada pengaruh hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran talking stick. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi protista siswa kelas X SMK Sunan Drajat tahun pelajaran 2015-2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode praktikum,Talking Stick, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 15 May 2019 02:58
Last Modified: 29 Oct 2019 07:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1771

Actions (login required)

View Item View Item