Ratnasari, Devi (2016) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Demonstrasi dengan Media Benda Asli di Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 9 Watukebo – Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
artikel.pdf Download (55kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
||
Text
1.ABSTRAKSI.pdf Download (16kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (28kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
Text
1. MATRIK PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
Text
3. DAFTAR NILAI SISWA SIKLUS 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
Text
4. DAFTAR NILAI SIKLUS 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dikarenakan proses pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu digunakan metode Demonstrasi untuk meningkatkan keaktifan dan mendukung proses pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran matematika dengan metode demonstrasi, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pelajaran matematika dengan metode demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIIA di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo – Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada 30 April 2016 sampai 21 Mei 2016. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan ada peningkatan aktivitas belajar siswa setelah dilakukan tindakan yaitu 57,2% pada siklus 1 menjadi 61,7% pada siklus 2. Selain itu, penelitian ini juga meningkatkan hasil belajar matematika sebesar 57,5% pada siklus 1 menjadi 87,5% pada siklus 2. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi dengan media benda asli pada materi persegi dan persegi panjang mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di kelas VIIA SMP Muhammadiyah 9 Watukebo – Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, media benda asli, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, persegi dan persegi panjang | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 14 May 2019 03:23 | |||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2019 01:42 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1782 |
Actions (login required)
View Item |