Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa



Novitasari, Desi (2017) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of ARTIKEL DESI.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL DESI.pdf

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[thumbnail of DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB)

Abstract

Pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang dianggap efektif jika siswa terlibat secara aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran, baik dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa, dan memberikan siswa belajar dengan waktu dan ruang yang nyaman. Di era globalisasi saat ini siswa sangat mengenal teknologi informasi dan komunikasi. Internet dapat digunakan siswa untuk belajar secara online. Salah satu metode pembelajaran online yaitu pembelajaran e-learning (edmodo). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS versi 20. Hasil uji hipotesis pada motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan P-value atau Significance lebih kecil dari nilai α (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji hipotesis kognitif menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai pretest dan nilai posttest yaitu P-value atau Significance lebih kecil dari nilai α (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis disimpulkan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran berbasis edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Komarayanti, Sawitri
nidn8802183
UNSPECIFIED
Sugeng, Gatot
nidn195503061985031004

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Edmodo, Motivasi, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 19 Jun 2019 02:10
Last Modified: 19 Sep 2019 09:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item View Item