Gambaran Motivasi Belajar Pada Siswa SMP Negeri 1 Sukowono

Rizki, Vikry Yusuf (2023) Gambaran Motivasi Belajar Pada Siswa SMP Negeri 1 Sukowono. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (797kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
J. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah dorongan dari dalam diri yang dibutuhkan seseorang untuk membuat keputusan, memiliki dorongan untuk tampil lebih baik, dan untuk mencapai tujuan dengan proses mengubah tingkah laku atau kepribadian seseorang tergantung pada praktek atau pengalaman tertentu khususnya siswa pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini berusia anatara 12 sampai 15 tahun, dimana anak tersebut sudah berada pada tahap awal masa remaja pada masa inilah anak harus menjalani perkembangan mental dan mengembangkan sikap baru terhadap disiplin, nilai dan minat yang berhubungan dengan belajar. Pendekatan kuantitatif dilakukan untuk menggali tujuan tersebut. Responden dalam penelititan ini adalah siswa SMP negeri 1 Sukowono kelas 7 dan 8 dengan jumlah 152 siswa. Skala motivasi belajar menjadi metode utama pengumpulan data dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan skala motivasi belajar Chernis dan Goleman terdiri dari beberapa aitem pernyataan mengenai dorongan mencapai sesuatu, komitmen, inisitaif, dan optimis yang diadaptasi oleh Gregorius (2014) berjumlah 50 aitem dengan nilai reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha sebesar 0,942. Hasil Penelitian menunjukan bahwa sebagian 80 siswa yang memiliki motivasi belajar 52.6% masuk dalam kategori rendah dan 72 siswa dengan persentase 47.4% masuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan mayoritas siswa memiliki motivasi belajar yang tergolong rendah. Selain itu siswa juga masih kurang baik dalam mencapai penerapannya pada aspek-aspek motivasi belajarnya, sehingga perlu adanya upaya meningkatkan setiap aspek motivasi belajar pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, belajar, siswa SMP
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Vikry Yusuf Rizki
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:00
Last Modified: 08 Aug 2023 07:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18944

Actions (login required)

View Item View Item