Riski, Apriani (2024) Hubungan Kualitas Pelayanan Poskestren Dengan Kepuasan Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (473kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (339kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (705kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pondok Pesantren Nurul Islam Jember merupakan salah satu pondok pesantren Shalaf yang ada di Kabupaten Jember. Pondok Pesantren Shalaf merupakan pondok pesantren yang bersifat modern yang juga memberikan pengetahuan umum dan bekal kewirausahaan disamping pengajaran agama islam yang diterapkan dalam kurikulumnya. Dilatarbelakangi oleh pemahaman bahwa pelayanan kualitas fasilitas poskestren memiliki peran penting bagi lembaga di pesantren untuk menciptakan lingkungan pesantren yang baik sehingga dapat meningkatkan kepuasan santri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahu Hubungan Kualitas Pelayanan Poskestren Dengan Kepuasan Santri Di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu santri kelas 8 seejumlah 100 santri dan diambil sampel sebnayak 80 santri. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan poskestren di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember dalam kualitas baik. Sedangkan kepuasan santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember pelayanan yang diberikan oleh pondok pesantren yaitu baik. Hasil uji Spearman Rho diperoleh p value 0,019 < 0,05 dengan r hitung 0,263 yang termasuk kedalam kategori rendah (0,20-0,399). Dengan demikian H1 diterima yang berarti ada hubungan kualitas pelayanan poskestren dengan kepuasaan santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Kualitas dan kepuasan apabila selalu dijaga untuk menunjang pondok pesnatren lebih baik lagi dapat memberikan rasa puas pada santri dan santri menjadi betah di area pondok pesantren tersebut. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Poskestren, poskestren, kepuasan santri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Poskestren, poskestren, kepuasan santri | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | |||||||||
Department: | S1 Ilmu Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Riski Apriani | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | prnriski@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 31 May 2024 07:35 | |||||||||
Last Modified: | 31 May 2024 07:35 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21006 |
Actions (login required)
View Item |