Khamdani, Yahya (2024) Analisis Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian ISTJ (Introvert Sensing Thinking Judging). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. HALAMAN AWAL.pdf Download (711kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (422kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (433kB) |
|
Text
10. Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian ISTJ. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu angket tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), tes komunikasi matematis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa yaitu 2 siswa kepribadian ISTJ kategori rendah, 2 siswa kepribadian ISTJ kategori sedang, dan 2 siswa kepribadian ISTJ kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian kemudian dianalis komunikasi matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian ISTJ yang termuat dalam 5 indikator yaitu indikator pertama mengekspresikan gagasan matematika dengan menuliskan segala informasi yang ada pada soal dan menyatakan informasi yang diketahui ke dalam bentuk model matematika dapat dipenuhi oleh kategori rendah dan tinggi. Indikator kedua adalah memahami persoalan matematika dengan menuliskan metode yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal dapat dipenuhi oleh semua kategori. Indikator ketiga adalah menginterpretasi gagasan dengan menuliskan langkah- langkah menyelesaikan persoalan matematika dapat dipenuhi oleh kategori sedang dan tinggi. Indikator keempat adalah mengevaluasi gagasan dengan menuliskan kesimpulan yang benar diakhir penyelesaian dapat dipenuhi oleh kategori sedang dan tinggi. Indikator kelima adalah menggunakan simbol-simbol matematika dalam menyajikan model-model matematika maupun langkah-langkah penyelesaian soal dapat dipenuhi oleh semua kategori yaitu kategori rendah, sedang, dan tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Matematis, Kepribadian ISTJ, Kemampuan Matematis | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Yahya Khamdani | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | khamdaniyahya9@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:40 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:40 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21435 |
Actions (login required)
View Item |