Pengembangan LKPD Berbasis RME Melalui Eksplorasi Etnomatematika pada Materi Garis dan Sudut



Oktavia, Lilis (2024) Pengembangan LKPD Berbasis RME Melalui Eksplorasi Etnomatematika pada Materi Garis dan Sudut. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (991kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 3. Bab 1.pdf] Text
3. Bab 1.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 4. Bab 2.pdf] Text
4. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. Bab 3.pdf] Text
5. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. Bab 4.pdf] Text
6. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. Bab 5.pdf] Text
7. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. Bab 6.pdf] Text
8. Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD yang layak digunakan berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Masalah dalam penelitian ini diantaranya (1) apakah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis RME melalui eksplorasi etnomatematika pada materi garis dan sudut yang dikembangkan layak digunakan? (2) apakah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis RME melalui eksplorasi etnomatematika pada materi garis dan sudut sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif?. Latar belakang penelitian ini yaitu proses belajar-mengajar dalam matematika yang cenderung monoton dan pembelajaran yang dominan konvensional serta kurang beragamnya bahan ajar yang digunakan di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo, menyebabkan peserta didik malas belajar, merasa bosan dan kurang memahami konsep matematika yang diajarkan selama pembelajaran.
Jenis penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yang melalui tahap analisis (analysis), penyusunan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pelaksanaan penelitian di kelas VII A, B, C, D SMP Muhammadiyah 9 Watukebo. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) hasil validasi memperoleh rata-rata skor 3,85 dengan kategori valid, (2) hasil kepraktisan memperoleh rata-rata skor 4,75 dengan kategori sangat praktis, (3) hasil keefektifan memperoleh rata-rata skor 4,551 dengan kategori sangat efektif. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan, peserta didik dapat memahami konsep materi garis dan sudut secara mendalam, dilihat dari kemampuan dan keterampilan peserta didik dalam mengidentifikasi dan mengaplikasikan konsep materi yang ada di LKPD.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Fatqurhohman, Fatqurhohman
nidn0711028602
Dosen Pembimbing
Imamah Ah, Nurul
nidn0712048506

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Realistic Mathematics Education (RME), Etnomatematika
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Lilis Oktavia | lilisoktavia514@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:52
Last Modified: 19 Jul 2024 02:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21869

Actions (login required)

View Item View Item