Diaz, Rakyana Garibaldi (2024) Efektivitas Metode Hypnoteaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas IX SMP Islam Terpadu AL-GHozali Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (916kB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (272kB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) | Request a copy |
Abstract
Seorang guru dituntut untuk dapat menggunakan metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Metode Pembelajaran hypnoteaching adalah metode pembelajaran yang menggunakan hipnosis di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar pendidikan agama Islam kelas IX SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember tanpa menggunakan metode hypnoteaching 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar pendidikan agama Islam kelas IX SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember dengan menggunakan metode hypnoteaching 3) Untuk mengetahui apakah metode hypnoteaching efektif untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam kelas IX SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. Hipotesis penelitian adalah: 1) Ha: Penggunaan metode pembelajaran hypnoteaching efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember 2) H0: Penggunaan metode pembelajaran hypnoteaching tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah desain kelompok yang tidak setara. Objek sampelnya adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Uji hipotesis menggunakan uji U. Uji efektivitas menggunakan uji N-Gain. Hasil peneltian ini: 1) Nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol yang tanpa menggunakan metode hypnoteaching adalah 60,40 2) Nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen yang menggunakan metode hypnoteaching adalah 83,23 3) Uji N-Gain yang dilakukan memiliki rata-rata nilai sebesar 0,45. Metode pembelajaran hypnoteaching cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam kelas IX SMP Islam terpadu Al-Ghozali Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Hypnoteaching, Hasil belajar | |||||||||
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith | |||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Rakyana Garibaldi Diaz | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | rakyanagediaz@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 01:30 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 01:30 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22142 |
Actions (login required)
View Item |