Efektivitas Metode Hypnoteaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas IX SMP Islam Terpadu AL-GHozali Jember

Diaz, Rakyana Garibaldi (2024) Efektivitas Metode Hypnoteaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas IX SMP Islam Terpadu AL-GHozali Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (916kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB) | Request a copy

Abstract

Seorang guru dituntut untuk dapat menggunakan metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Metode Pembelajaran hypnoteaching adalah metode pembelajaran yang menggunakan hipnosis di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar pendidikan agama Islam kelas IX SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember tanpa menggunakan metode hypnoteaching 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar pendidikan agama Islam kelas IX SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember dengan menggunakan metode hypnoteaching 3) Untuk mengetahui apakah metode hypnoteaching efektif untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam kelas IX SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. Hipotesis penelitian adalah: 1) Ha: Penggunaan metode pembelajaran hypnoteaching efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember 2) H0: Penggunaan metode pembelajaran hypnoteaching tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah desain kelompok yang tidak setara. Objek sampelnya adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Uji hipotesis menggunakan uji U. Uji efektivitas menggunakan uji N-Gain. Hasil peneltian ini: 1) Nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol yang tanpa menggunakan metode hypnoteaching adalah 60,40 2) Nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen yang menggunakan metode hypnoteaching adalah 83,23 3) Uji N-Gain yang dilakukan memiliki rata-rata nilai sebesar 0,45. Metode pembelajaran hypnoteaching cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam kelas IX SMP Islam terpadu Al-Ghozali Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Hypnoteaching, Hasil belajar
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Rakyana Garibaldi Diaz
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:30
Last Modified: 23 Jul 2024 01:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22142

Actions (login required)

View Item View Item