Membangun Keterampilan Berargumentasi Melalalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Muhammadiyah 01 Jember



TYAS, ANGGUN NING (2025) Membangun Keterampilan Berargumentasi Melalalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Muhammadiyah 01 Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (871kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (963kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI ANGGUN FULL.pdf] Text
SKRIPSI ANGGUN FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode diskusi dalam membangun keterampilan berargumentasi siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Muhammadiyah 01 Jember memiliki metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa didalam kelas. Penelitian ini dilandasi oleh guru yang masih mengandalkan metode konvesional seperti ceramah dalam menyampaikan materi sehingga membuat siswa cenderung kurang aktif didalam kelas, serta metode diskusi ini dirancang untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami terhadap materi yang telah disampaikan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, melalui teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk menyampaikan pendapat, berpikir kritis, dan bekerja sama. Faktor pendukung meliputi suasana kelas yang kondusif dan peran guru sebagai fasilitator, sementara keterbatasan waktu menjadi hambatan utama.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
ROFI, SOFYAN
NIDN0705078402
Dosen Pembimbing
PUTRA, DHIAN WAHANA
NIDN0729108601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Metode Diskusi, Pembelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Anggun Ning Tyas | anggunningt@gmail.com
Date Deposited: 17 Jul 2025 01:55
Last Modified: 17 Jul 2025 01:55
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25543

Actions (login required)

View Item View Item