Membangun Keterampilan Berargumentasi Melalalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Muhammadiyah 01 Jember
TYAS, ANGGUN NING (2025) Membangun Keterampilan Berargumentasi Melalalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Muhammadiyah 01 Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (871kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (963kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SKRIPSI ANGGUN FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode diskusi dalam membangun keterampilan berargumentasi siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Muhammadiyah 01 Jember memiliki metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa didalam kelas. Penelitian ini dilandasi oleh guru yang masih mengandalkan metode konvesional seperti ceramah dalam menyampaikan materi sehingga membuat siswa cenderung kurang aktif didalam kelas, serta metode diskusi ini dirancang untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami terhadap materi yang telah disampaikan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, melalui teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk menyampaikan pendapat, berpikir kritis, dan bekerja sama. Faktor pendukung meliputi suasana kelas yang kondusif dan peran guru sebagai fasilitator, sementara keterbatasan waktu menjadi hambatan utama.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingROFI, SOFYANNIDN0705078402Dosen PembimbingPUTRA, DHIAN WAHANANIDN0729108601
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Metode Diskusi, Pembelajaran Aqidah Akhlak |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | Anggun Ning Tyas | anggunningt@gmail.com |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 01:55 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 01:55 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |