HUBUNGAN IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) DENGAN TINDAKAN PERUNDUNGAN PADA REMAJA DI SMP NEGERI 7 JEMBER



Florensia, Frisca (2025) HUBUNGAN IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) DENGAN TINDAKAN PERUNDUNGAN PADA REMAJA DI SMP NEGERI 7 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB VII.pdf] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja merupakan periode krusial dalam perkembangan sosial dan emosional individu. Lingkungan sekolah yang aman dan mendukung menjadi salah satu faktor penting dalam mencegah perilaku perundungan. Program Sekolah Ramah Anak (SRA) hadir sebagai upaya untuk menciptakan suasana sekolah yang inklusif dan bebas kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara implementasi Program Sekolah Ramah Anak (SRA) dengan tindakan perundungan pada remaja di SMP Negeri 7 Jember. Desain penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 346 anak, dengan sampel berjumlah 184 anak yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner implementasi SRA dan kuesioner Olweus Bullying Questionnaire (OBQ) untuk menilai tindakan perundungan. Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan uji Spearman’s rho menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara implementasi program Sekolah Ramah Anak dengan tindakan perundungan pada remaja di SMP 7 Jember, dengan nilai (p = 0,001). Kesimpulan dari penelitian ini adalah program ini dapat menjadi strategi efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat, aman, dan mendukung kesehatan mental remaja. Oleh karena itu, disarankan agar program SRA tidak hanya dipertahankan tetapi juga diterapkan secara lebih luas di sekolah-sekolah lainnya sebagai upaya preventif untuk mengurangi prevalensi perundungan dan meningkatkan kesejahteraan psikososial remaja.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Asih, Susi Wahyuning
nidn0720097502
Dosen Pembimbing
Adriani, Sri Wahyuni
nidn0703038801

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Program Sekolah Ramah Anak, Tindakan Perundungan, Remaja, Kesehatan Mental, Promosi Kesehatan
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 601 Philosophy and Theory of Technology > 607 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Frisca Florensia | friscaflorensia2705@gmail.com
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:30
Last Modified: 21 Jul 2025 03:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25733

Actions (login required)

View Item View Item