HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN SELF MANAGEMENT PADA ANAK USIA PRA-SEKOLAH DI TK PLUS AL-HUJJAH JEMBER
APRILIA, VINDA ANAYU (2025) HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN SELF MANAGEMENT PADA ANAK USIA PRA-SEKOLAH DI TK PLUS AL-HUJJAH JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (933kB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
C. BAB 1.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
D. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
![]() |
Text
I. BAB 7.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
K. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendahuluan: Self management merupakan aspek penting dalam perkembangan sosial-emosional yang perlu dimiliki oleh anak usia pra-sekolah. Penggunaan smartphone secara berlebihan pada anak dapat berdampak pada rendahnya kemampuan self management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara durasi penggunaan smartphone dengan self management pada anak usia pra-sekolah di TK Plus Al-Hujjah Jember. Metode : Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, melibatkan 101 responden orang tua yang mempunyai anak kelas A,B dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara mengenai durasi penggunaan smartphone dan kuesioner self management yang diisi oleh oleh orang tua. Analisis data dilakukan menggunakan uji Spearman Rho. Hasil : Penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara durasi penggunaan smartphone dengan self management pada anak usia pra-sekolah dengan nilai p value 0,000 <0,05. Kesimpulan : Penelitian ini ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan arah korelasi negatif sedang. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa semakin tinggi durasi penggunaan smartphone, maka self management pada anak pra-sekolah semakin rendah. Temuan bahwa pada aspek multifungsi mempunyai nilai terbesar ditandai dengan anak dapat melakukan kegiatan tanpa bergantung menggunakan smartphone, sehingga temuan ini menjadi dasar bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti lebih lanjut terkait aspek multifungsi pada anak.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSURYANINGSIH, YENINIDN0701037905Dosen PembimbingNUGRAHANI, ELY RAHMATIKANIDN0705029301
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Durasi Penggunaan Smartphone, Self Management, Anak Pra-Sekolah |
Subjects: | 300 Social Science 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) |
Depositing User: | Vinda Anayu Aprilia | vindadavin15@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 01:50 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 01:50 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |