HUBUNGAN IDENTITAS DIRI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMP NEGERI 1 TAPEN BONDOWOSO
PUTRI, ALIFFIA FEBYANA (2025) HUBUNGAN IDENTITAS DIRI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMP NEGERI 1 TAPEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Bullying di kalangan remaja menjadi permasalahan serius yang berdampak pada kesehatan mental dan perkembangan sosial siswa. Identitas diri yang belum terbentuk secara optimal diyakini menjadi salah satu faktor pemicu perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara identitas diri dengan perilaku bullying pada remaja di SMP Negeri 1 Tapen Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional dan melibatkan 180 siswa kelas VII dan VIII yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang telah dimodifikasi, dan analisis hubungan antar variabel menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan data jenis kelamin mayoritas laki-laki (51,1%), usia terbanyak yaitu 14 tahun (37,2%), frekuensi kelas 8 dengan 55%, ditemukannya identitas diri baik (86,7%), perilaku bullying ringan (85,6%) dan menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara identitas diri dengan perilaku bullying pada remaja dengan nilai p value0,002<0,05. Identitas diri yang terbentuk secara positif dapat mencegah perilaku agresif dan menyimpang. Implikasi keperawatan menunjukkan pentingnya peran perawat komunitas dan jiwa dalam memberikan edukasi serta konseling guna mendukung pembentukan identitas diri remaja.. Penelitian ini menyimpulkan bahwa identitas diri berperan penting dalam mempengaruhi kecenderungan remaja untuk melakukan bullying. Disarankan agar pihak sekolah, orang tua, dan tenaga kesehatan bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan identitas diri remaja.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSURYANINGSIH, YENINIDN0701037905Dosen PembimbingZULKA, AYESIE NATASANIDN0706029401
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Identitas Diri, Masa Remaja, Perilaku Bullying |
Subjects: | 300 Social Science |
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) |
Depositing User: | Aliffia Febyana Putri | febyanaaliffia@gmail.com |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:45 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:45 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |