HUBUNGAN IDENTITAS DIRI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMP NEGERI 1 TAPEN BONDOWOSO



PUTRI, ALIFFIA FEBYANA (2025) HUBUNGAN IDENTITAS DIRI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMP NEGERI 1 TAPEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB VII.pdf] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bullying di kalangan remaja menjadi permasalahan serius yang berdampak pada kesehatan mental dan perkembangan sosial siswa. Identitas diri yang belum terbentuk secara optimal diyakini menjadi salah satu faktor pemicu perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara identitas diri dengan perilaku bullying pada remaja di SMP Negeri 1 Tapen Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional dan melibatkan 180 siswa kelas VII dan VIII yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang telah dimodifikasi, dan analisis hubungan antar variabel menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan data jenis kelamin mayoritas laki-laki (51,1%), usia terbanyak yaitu 14 tahun (37,2%), frekuensi kelas 8 dengan 55%, ditemukannya identitas diri baik (86,7%), perilaku bullying ringan (85,6%) dan menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara identitas diri dengan perilaku bullying pada remaja dengan nilai p value0,002<0,05. Identitas diri yang terbentuk secara positif dapat mencegah perilaku agresif dan menyimpang. Implikasi keperawatan menunjukkan pentingnya peran perawat komunitas dan jiwa dalam memberikan edukasi serta konseling guna mendukung pembentukan identitas diri remaja.. Penelitian ini menyimpulkan bahwa identitas diri berperan penting dalam mempengaruhi kecenderungan remaja untuk melakukan bullying. Disarankan agar pihak sekolah, orang tua, dan tenaga kesehatan bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan identitas diri remaja.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
SURYANINGSIH, YENI
NIDN0701037905
Dosen Pembimbing
ZULKA, AYESIE NATASA
NIDN0706029401

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Identitas Diri, Masa Remaja, Perilaku Bullying
Subjects: 300 Social Science
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Aliffia Febyana Putri | febyanaaliffia@gmail.com
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:45
Last Modified: 06 Aug 2025 02:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26350

Actions (login required)

View Item View Item