IMPLEMENTASI APLIKASI EVALUASI PEMBELAJARAN AL ISLAM, KEAISYIYAHAN/KEMUHAMMADIYAHAN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 02 CAKRU
WULANDAR, DESI (2025) IMPLEMENTASI APLIKASI EVALUASI PEMBELAJARAN AL ISLAM, KEAISYIYAHAN/KEMUHAMMADIYAHAN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 02 CAKRU. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
C. BAB 1.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
D. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
![]() |
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi aplikasi evaluasi pembelajaran Al Islam, Keaisyiyahan/Kemuhammadiyahan (AIK) di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Cakru, serta mengidentifikasi kendala dan solusi yang ditempuh oleh guru dan lembaga dalam proses pelaksanaannya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan, dengan keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi evaluasi AIK merupakan inovasi dalam pelaporan perkembangan anak yang mampu meningkatkan efisiensi, ketepatan, dan akurasi data asesmen pembelajaran. Namun, implementasinya belum sepenuhnya berjalan lancar karena guru menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan perangkat, literasi digital yang rendah, kecemasan terhadap teknologi baru, beban kerja yang tinggi, serta minimnya pelatihan teknis yang berkelanjutan. Meskipun demikian, hambatan tersebut dapat diatasi melalui berbagai strategi, antara lain pelatihan teknis, pendampingan secara personal, serta dukungan dari lembaga dan kolaborasi antarguru. Lingkungan kerja yang suportif dan budaya kerja sama menjadi faktor penting dalam membantu guru beradaptasi dengan transformasi digital. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya penguatan kapasitas guru melalui pelatihan berkesinambungan, penyediaan panduan penggunaan aplikasi, serta peningkatan fitur aplikasi agar lebih ramah pengguna. Dengan dukungan yang memadai, aplikasi ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas asesmen pembelajaran di jenjang PAUD secara berkelanjutan.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingWARDANI, WAHJU DYAH LAKSMINIDN0706046703Dosen PembimbingADWITIYA, ASTI BHAWIKANIDN0725049301
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Implementasi, Aplikasi evaluasi pembelajaran, Al Islam, Keaisyiyahan/Kemuhammadiyahan |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | DESI WULANDARI | desi.wulandari1289@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 01:35 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 01:35 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |