Analisis Semiotika: Pesan Moral Lingkungan Dalam Video Animasi The Reuse Revolution Is Here Karya Greenpeace

mohammad, ridwan (2020) Analisis Semiotika: Pesan Moral Lingkungan Dalam Video Animasi The Reuse Revolution Is Here Karya Greenpeace. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (889kB)

Abstract

Video Animasi The Reuse Revolution Is Here adalah video kampanye lingkungan karya Greenpeace, sebuah organisasi kampanye global yang bergerak pada isu lingkungan hidup, video ini mengulas sisi negatif dari penggunaan bahan plastik pada produk industri, dan dampak buruknya terhadap manusia dan kelestarian lingkungan. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce sebagai teori, untuk menemukan interpretasi makna tanda yang ada dalam video animasi tersebut. Dalam semiotika Peirce sebuah makna tanda terlahir dari tiga elemen dasar yang disebut sebagai teori segitiga makna (representasi, objek, dan interpretasi). Tanda-tanda yang diindentifikasi dari beberapa bagian video animasi tersebut diklasifikasikan ke dalam ikon, indeks, dan simbol. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian bersifat deskriptif. Tanpa memberikan data statistik, namun data yang disajikan berupa data deskripsi nalar dari peneliti dan sumber reverensi yang berkaitan. Sehingga hasilnya lebih luas dan kompleks. Hasil akhir dari penelitian ini menyimpulkan terdapat beberapa tanda yang merujuk pada perilaku pimpinan perusahaan industri, yang mana mereka telah menyebabkan berubahnya pola konsumsi masyarakat menjadi tidak sehat dan merugikan lingkungan itu sendiri. Jadi kesimpulanya greenpeace menyatakan bahwa penggunaan produk plastik sekali pakai adalah hal yang sangat buruk dan harus segera dikurangi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Kampanye lingkungan, limbah plastik, waste
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works
000 Computer Science, Information, & General Works > 001 Knowledge
100 Philosophy > 140 Specific Philosophical Schools > 146 Naturalism and Related Systems and Doctrines
300 Social Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social Science > 340 Law > 341 International Law
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 374 Adult Education
500 Natural Science and Mathematics > 501 Philosopy and Theory of Nature Sciences
500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences
500 Natural Science and Mathematics > 580 Plants, Botany
600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming
600 Technology and Applied Science > 650 Business
700 The Art, Entertainment and Sport
700 The Art, Entertainment and Sport > 710 Civic and Lanscape Art > 719 Natural Landscapes
700 The Art, Entertainment and Sport > 770 Photography and Photographs
700 The Art, Entertainment and Sport > 770 Photography and Photographs > 777 Cinematography
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: RIDWAN MOHAMMAD
Date Deposited: 16 Sep 2020 00:51
Last Modified: 16 Sep 2020 00:56
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5742

Actions (login required)

View Item View Item