Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Quran Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas X Ak3 Smk Muhammadiyah 4 Glenmore Tahun Ajaran 2018/2019

Tamsiy Ghozaliy, Mohammad (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Quran Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas X Ak3 Smk Muhammadiyah 4 Glenmore Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI TAMSIY.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Pendahluan.pdf

Download (383kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB 1 TM fix.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB II TM fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
BAB III TM fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
BAB VI TM fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV TM fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB V TM fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (929kB)

Abstract

Kata Kunci : Make a Match, meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa Make a Match digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an, karena Make a Match adalah sebuah gaya pembelajaran untuk membantu guru dalam memaksimalkan kondisi yang terjadi didalam kelas dengan perencanaan yang matang. Berdasarkan masalah penelitian pada skripsi ini yang ingin dipecahkan adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-quran siswa kelas X AK3 melalui model pembelajaran Make a match pada mata pelajaran Al-Quran di SMK Muhammadiyah 4 Glenmore. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dan instrument dalam pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi. Data yang dikumpulkan merupakan hasil observasi peneliti kepada peserta didik pada saat pembelajaran dilaksanakan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dan menulis al-quran siswa melalui model pembelajaran Make a Match. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2018, pada siswa kelas X AK3 semester I SMK Muhammadiyah 4 Glenmore Tahun Pelajaran 2018-2019. Pada hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa model Make a Match dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-quran siswa pada mata pelajaran Al-Quran, secara klasikal dari total 27 siswa, 22 siswa meningkat kemampuan membaca dan menulis alquran dan 5 siswa lainnya masih kurang mampu. Dari perhitungan data yang diperoleh adalah 81% siswa meningkat kemampuan membaca dan menulis al-qurannya. Dapat disimpulkan bahwa model Make a Match dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-quran siswa kelas X AK3 SMK Muhammadiyah 4 Glenmore tahun pelajaran 2018-2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDRofi, Sofyannidn0705078402
UNSPECIFIEDHuda, Hairulnidn0720018902
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:04
Last Modified: 05 Oct 2020 04:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6141

Actions (login required)

View Item View Item