Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Moving Class Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smkn 1 Glagah Banyuwangi



Nur Wahyu Utama Putra, Mohammad (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Moving Class Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smkn 1 Glagah Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL CD.pdf] Text
ARTIKEL CD.pdf

Download (689kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of ABSTRAK INDONESIA.pdf] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of 1510911020.pdf] Text
1510911020.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Hasil Belajar, Moving Class

Dalam dunia pendidikan terdapat perangkat pembelajaran yang mendukung berjalannya lembaga pendidikan di masyarakat. oleh karenanya, perangkat pembelajaran menjadi acuan dalam mencapai tujuan tersendiri bagi lembaga pendidikan. Dalam perangkat pembelajaran itu sendiri, terdapat metode pembelajaran yang dibutuhkan oleh seorang guru yang akan melaksanakan pembelajaran di sekolah. Bentuk penyajian metode pembelajaran disesuaikan dengan segala kondisi yang dapat mendukung proses pembelajaran berlangsung. Langkah ini di terapkan bersamaan melalui rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP. RPP menjadi bentuk persiapan yang perlu diseleksi dan dipraktekkan dengan baik. Karena dalam dunia pendidikan pada saat ini di Indonesia, masih terdapat kurang tepatnya guru dalam memilih sebuah metode pembelajaran yang akan dibawakan di kelas. Dengan adanya hal tersebut, metode pembelajaran yang tepat sangat menunjang keberhasilan guru dalam mengajar. Sehingga metode yang peneliti anggap dapat meningkatkan atau mengembangkan pembelajaran dari metode-metode yang ada yaitu metode moving class. Metode moving class ini, menjadi perhatian tersendiri bagi peneliti untuk di praktekkan pada salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yaitu tempatnya di SMKN 1 Glagah Banyuwangi untuk mengetahui bahwa apakah metode moving kelas ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dengan uji praktek menggunakan mata pelajaran pendidikan agama islam.
Adapun metode penelitian yang dipakai oleh peneliti yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan adanya penelitian ini dan berdasarkan data yang didapat di sekolah, peneliti menyimpulkan bahwa metode moving class dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada pihak sekolah untuk mencoba memberikan pelatihan atau workshop kepada guru supaya dapat meningkatkan kemampuan dalam mengajarnya. Untuk guru supaya dapat memilih atau menyesuaikan metode- metode yang dipakai dengan keperluan dan kondisi yang ada. Untuk siswa supaya lebih menghargai proses pembelajaran di kelas dan meningkatkan kemampuan diri ketika mengelola penyajian paparan yang telah disampaikan oleh guru di kelas.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Rofi, Sofyan
nidn0705078402
UNSPECIFIED
Huda, Hairul
nidn0720018902

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 05 Oct 2020 05:31
Last Modified: 20 Feb 2025 07:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6146

Actions (login required)

View Item View Item