Pating, Faisal (2018) Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tajdied Di Smp Miftahul Ulum Wirolegi Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel Pdf.pdf Download (384kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (696kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (295kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (994kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Metode Tajdied digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an, karena metode tajdied menggabungkan ilmu Tajwid serta melantunkan qo’idah menggunakan lagu. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII pelajaran Al-Qur’an di SMP Miftahul Ulum Wirolegi Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2018 pada siswa kelas VII semester II di SMP Miftahul Ulum Wirolegi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017-2018. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tes. Data yang dikumpulkan berupa lembar observasi aktivitas peserta didik selama proses belajar berlangsung dengan menggunakan metode tajdied dan hasil tes peserta didik pada saat pembelajaran telah selesai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode tajdied dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada pelajaran Al-Qur’an secara klasikal dari 17 siswa ada 4,11 dan 15 siswa yang meningkat hasil belajarnya dan 2,13 dan 6 siswa yang belum meningkat hasil belajarnya. Dari perhitungan data dapat diketahui peningkatan hasil belajar secara klasikal yang diperoleh 23,52%, 64,7 dan 88,23% yang berarti peningkatan hasil belajar secara klasikal tercapai. Hal ini dapat disimpulakan metode tajdied dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII semester II pada mata pelajaran Al-Qur’an di SMP Miftahul Ulum Wirolegi Kabupaten Jember tahun pelajaran 2017-2018. Kata kunci : Metode Tajdied, meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 200 Religious 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 16 Dec 2020 04:03 | |||||||||
Last Modified: | 16 Dec 2020 04:03 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7412 |
Actions (login required)
View Item |