Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tajdied Di Smp Miftahul Ulum Wirolegi Kabupaten Jember

Pating, Faisal (2018) Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tajdied Di Smp Miftahul Ulum Wirolegi Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel Pdf.pdf

Download (384kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode Tajdied digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an, karena metode tajdied menggabungkan ilmu Tajwid serta melantunkan qo’idah menggunakan lagu. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII pelajaran Al-Qur’an di SMP Miftahul Ulum Wirolegi Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2018 pada siswa kelas VII semester II di SMP Miftahul Ulum Wirolegi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017-2018. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tes. Data yang dikumpulkan berupa lembar observasi aktivitas peserta didik selama proses belajar berlangsung dengan menggunakan metode tajdied dan hasil tes peserta didik pada saat pembelajaran telah selesai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode tajdied dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada pelajaran Al-Qur’an secara klasikal dari 17 siswa ada 4,11 dan 15 siswa yang meningkat hasil belajarnya dan 2,13 dan 6 siswa yang belum meningkat hasil belajarnya. Dari perhitungan data dapat diketahui peningkatan hasil belajar secara klasikal yang diperoleh 23,52%, 64,7 dan 88,23% yang berarti peningkatan hasil belajar secara klasikal tercapai. Hal ini dapat disimpulakan metode tajdied dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII semester II pada mata pelajaran Al-Qur’an di SMP Miftahul Ulum Wirolegi Kabupaten Jember tahun pelajaran 2017-2018. Kata kunci : Metode Tajdied, meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDNursyamsiyah, Sitinidn0706027901
UNSPECIFIEDBakir, Abdul Hamidnidn0713038002
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:03
Last Modified: 16 Dec 2020 04:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7412

Actions (login required)

View Item View Item