Ratnasari, Giyanti (2018) Hubungan antara pembelajaran pendidikan agama islam dengan kecerdasan spiritual siswa SMK Muhammadiyah 4 Glenmore. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL GIYANTI.pdf Download (197kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (515kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (514kB) |
|
Text
Bab 1 RF.pdf Download (129kB) |
|
Text
BAB II RF.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
BAB III RF.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
BAB IV RF.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
BAB V RF.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
BAB VI RF.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
Text
Daftar Rujukan Rf.pdf Download (111kB) |
|
Text
1.LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran adalah usaha bimbingan peserta didik dan menciptakan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar.Pendidikan agama islam adalah bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama (insan kamil). Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi dan memecah kanpersoalan makna dan nilai, yaitu kesadaran untuk menempatkan perilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebihluas. Kecerdasan untuk mewarnai kehidupan bahwa jalan hidup lebih bermakna di bandingkan dengan yang lain. Dengan itu seseorang akan melakukan hal-hal yang positif dalam kehidupan sehari-hari dan mempunyai rasa keperdulian terhadap sesama teman. Masalah dalam penelitian iniadalah apakah ada hubungan antara pembelajaran pendidikan agama islam dengan kecerdasan spiritual siswa SMK Muhammadiyah 4 Glenmore. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 4 Glenmore. Prosedur penelitian yang dipakai adalah menggunakan prosedur penelitian Kuantitatif. Hasil penelitian yang dipakai adalah menggunakan program IBM SPSS Statistics 22 dengan rumus korelasi koefisien. Dengan menggunakan instrumen pengumpulan data metode angket atau kuesioner dengan jumlah butir pertanyaan masing-masing variabel 10 butir pertanyaan, yang telah diuji hasil validitas dan reliabilitasnya. Tujuan penelitian ini akan mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai penulis yaitu, untuk mengetahui hubungan antara pembelajaranpendidikan agama islam dengan kecerdasan spiritual. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai probabilitas 0,02 lebih kecil dari nilai probabilitas Sig atau (0.02< Sig), maka Ha ditolak dan Ho diterima artinya kurang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan agama islam memeiliki hubungan yang kurang signifikan dengan kecerdasan spiritual. Maka dari itu disarankan kepada lembaga sekolah maupun guru pengajar untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan mutu pelajaran yang mengarah pada aspek spiritualisme. Kata Kunci:Pendidikan Agama Islam Dengan Kecerdasan Spiritual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 200 Religious 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 16 Dec 2020 04:12 | |||||||||
Last Modified: | 16 Dec 2020 04:12 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7413 |
Actions (login required)
View Item |