Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang Kelas VII SMP NURIS Jember Tahun Pelajaran 2017/2018



Lestari, Arum Dwi (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang Kelas VII SMP NURIS Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of artikel skripsi ioc.pdf] Text
artikel skripsi ioc.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah proses pembelajaran matematika yang masih menggunakan metode ceramah sehingga mengakibatkan keaktifan dan minat belajar siswa menurun. Proses belajar pembelajaran mata pelajaran matematika menggunakan metode ceramah masih belum bisa berjalan denggan baik membuat hasil belajar siswa SMP Nuris Jember cenderung rendah.
Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang kelas VII SMP NURIS Jember tahun pelajaran 2017/2018.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang kelas VII SMP NURIS Jember tahun pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian yaitu pada 9 mei 2018 hingga 18 mei 2018 di kelas VIIB SMP Nuris Jember sebanyak 30 siswa. Penelitian menggunakan dua metode pengumpulan data tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan uji regresi sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar siswa meningkat selama menerapkan Inside Outside Circle (IOC). Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum penerapan Inside Outside Circle (IOC) sebesar 54,6 setelah penerapan Inside Outside Circle (IOC) nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 79,0. Perhitungan uji regresi sederhana menghasilkan nilai Fhitung = 20,269 dan Ftabel = 4,20 sehingga Fhitung > Ftabel , maka terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi Persegi dan Persegi Panjang di SMP Nuris Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Inside Outside Circle (IOC), Hasil Belajar, Persegi dan Persegi Panjang.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Jatmikowati, Tri Endang
nidn#
UNSPECIFIED
Jalil, Abdul
nidn3511172903950003

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:46
Last Modified: 11 Jan 2021 03:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7769

Actions (login required)

View Item View Item