Penerapan Model Number Heads Together dengan Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar



Dwi Safitri, Riska (2017) Penerapan Model Number Heads Together dengan Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of Artikel.pdf]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 2. Halaman Depan.pdf] Text
2. Halaman Depan.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)

Abstract

Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi dan observasi di SMA Muhammadiyah 3 Jember kelas XI IPA3 diperoleh hasil bahwa pada saat pembelajaran berlangsung banyak kendala yang dihadapi salah satunya model atau metode pembelajaran yang digunakan. Model yang digunakan dalam pembelajaran yakni ceramah yang di selingi dengan diskusi. Namun tidak semua siswa berperan aktif selama pembelajaran berlangsung, hanya didominasi oleh siswa-siswi tertentu saja. Selama pembelajaran guru jarang menggunakan sarana prasarana yang dimiliki sekolah seperti laboratorium. Hal ini dikarenakan kurangnya waktu untuk melaksanakan praktikum, praktikum biologi membutuhkan waktu yang lama, sedangkan guru cenderung untuk menyelesaikan materi. Dan dalam kegiatan diskusi siswa lebih memilih membentuk kelompok sendiri dibandingkan guru yang menentukan kelompoknya. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran yang lebih menarik pada saat pembelajaran. Salah satunya model Number Heads Together (NHT) dengan metode praktikum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model Number Heads Together (NHT) dengan metode praktikum dapat meningkatkan hasil belajar biologi kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 4 tahapan antara lain yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.. Pengumpulan data melalui : (1) Wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi (4) tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara,observasi dan soal tes. Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat seperti kognitif siklus I 71% menjadi 84% di siklus II, afektif siklus I 62% menjadi 80% di siklus II dan psikomotor siklus I 56% menjadi 84% di siklus II. Sedangkan Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Number Heads Together (NHT) dengan metode praktikum dapat meningkatkan hasil belajar biologi kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Jember materi pencemaran lingkungan.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Akhmadi, Arief Noor
nidn9110375
UNSPECIFIED
Hapsari, Ari Indriana
nidn1503626

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: NHT, Metode praktikum, Hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 20 Jun 2019 03:27
Last Modified: 19 Sep 2019 08:36
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1829

Actions (login required)

View Item View Item