Implementasi Kurikulum Merdeka Menggunakan Metode Konvensional Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK Muhammadiyah 7 Purwoharjo

Ihsan, Muhammad Rizky Choirul (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Menggunakan Metode Konvensional Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK Muhammadiyah 7 Purwoharjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (970kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan kurikulum merdeka belajar sudah diterapkan di semua sekolah di Indonesia, termasuk di SMK Muhammdiyah 7 Purwoharjo. Sebagai guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar yaitu masih menggunakan metode konvensional yang sudah kurang relevan digunakan di kurikulum ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan tekhnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden pada penelitian ini berjumlah lima orang, satu orang kepala sekolah, satu orang guru, dan tiga orang siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya di SMK Muhammdiyah 7 Purwoharjo sudah menggunakan kurikulum merdeka belajar tetapi hanya untuk kelas X. Sebagai guru Pendidikan Agama Islam masih cenderung menggunakan metode konvensional. Akan tetapi guru memodifikasi metodenya dengan menggunakan teknologi sebagai media belajar supaya siswa tidak mudah bosan. Penggunaan metode konvensional ini dibilang efektif dikarenakan nilai hasil belajar siswa yang berada di atas rata-rata nilai KKM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 7 Purwoharjo masih cenderung menggunakan metode konvensional disaat sekolah sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar, tetapi guru juga melakukan pembaharuan yang akhirnya tidak selalu menggunakan metode konvensional saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum merdeka belajar, metode konvensional, pendidikan agama islam
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 375 Curricula
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Rizky Choirul Ihsan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorSetiawan, Bahar Agusnidn0717087802
Thesis advisorTamami, Badrutnidn0722108603
Contact Email Address: mrizkychoirulihsan@gmail.com
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:41
Last Modified: 24 Jul 2024 03:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21916

Actions (login required)

View Item View Item