Studi komparasi antara guru sertifikasi dengan non sertifikasi terhadap proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP negeri 1 Wringin

Adi, Muhamad Setio (2024) Studi komparasi antara guru sertifikasi dengan non sertifikasi terhadap proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP negeri 1 Wringin. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (882kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (488kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Adi, Muhamad, Setio. NIM. 2010911029. 2024. Studi Komparasi Antara Guru Sertifikasi Dengan Non Sertifikasi Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Wringin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (I) Dr. Sofyan Rofi, M.Pd.I, (II) Dr. Dhian Wahana Putra, M.Pd.I. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Sertifikasi guru, Studi komparatif Pendidikan memainkan peran krusial dalam pengembangan individu, di mana guru sebagai pendidik profesional memiliki peran sentral. Sertifikasi guru di Indonesia telah diperkenalkan untuk meningkatkan standar profesionalisme dan kualitas pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara guru yang telah bersertifikasi dan yang belum di SMP Negeri 1 Wringin, Jawa Timur. Menggunakan pendekatan kualitatif komparatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi langsung. Hasilnya menunjukkan bahwa guru PAI yang bersertifikasi cenderung menerapkan pendekatan blended learning dengan integrasi teknologi seperti presentasi digital, sementara guru yang belum bersertifikasi lebih condong pada metode pengajaran konvensional. Perbedaan ini mencakup strategi perencanaan pembelajaran, manajemen kelas, interaksi dengan siswa, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Temuan ini menggaris bawahi pentingnya investasi dalam pelatihan dan pengembangan profesional guru untuk memajukan mutu pendidikan dan hasil belajar siswa secara menyeluruh. Kesimpulannya, sertifikasi guru memberikan dampak positif yang signifikan dalam praktik pengajaran dengan meningkatkan inovasi dan efektivitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Sertifikasi guru, Studi komparatif
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Muhamad Setio Adi
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:07
Last Modified: 24 Jul 2024 04:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22257

Actions (login required)

View Item View Item