Upaya Guru Mengimplementasikan Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Teks Biografi pada Siswa Kelas X di MAN 2 Jember

yasir, muhammad (2020) Upaya Guru Mengimplementasikan Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Teks Biografi pada Siswa Kelas X di MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (580kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (404kB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (121kB)
[img] Text
i. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Yasir, Muhammad. 2020. Upaya Guru Mengimplementasikan Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Teks Biografi pada Siswa Kelas X di MAN 02 Jember. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Dina Merdeka Citraningrum, M.Pd., (2) Agus Milu Susetyo, M.Pd. Kata kunci: Upaya Guru (Internaslisasi, Integrasi, Pembiasaan), Strategi, dan Metode. Upaya guru merupkan suatu proses pengimplementasian dari suatu pembelajaran kepada siswa. Strategi dan metode merupakan bentuk cara yang dilakukan oleh guru untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan, bentuk pengimplementasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran teks biografi sebagai wadah pembentukan karakter siswa yang baik dari proses pengambilan nilai-nilai karakter dari sosok tokoh yang ada dalam materi teks biografi. Fokus utama dalam pengimplementasian nilai-nilai karakter kepada siswa yaitu internalisasi, integrasi, dan pembiasaan. Siswa diharapkan mampu untuk memiliki karakter yang baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan rumah setiap hari. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah upaya guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter pada pembelajaran teks biografi kelas X di MAN 02 Jember, melalui strategi dan metode yang dipakai oleh guru untuk mencapai tujuannya kepada siswa kelas X IPS 4. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah upaya guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter pada siswa melalui proses pembelajaran teks biografi, dengan melihat strategi dan metode yang digunakan oleh guru. Adapun waktu yang diperlukan dalam penelitian ini adalah dari bulan maret sampai bulan juli. Tempat penelitian ini berada di MAN 02 Jember. Teknik pengumpuan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tabel observasi, tabel wawancaram dan dokumentasi. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yang ditemukan oleh peneliti adalah, upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter pada siwa kelas X IPS 4 di MAN 02 Jember berjalan semestinya yang ditemukan oleh peneliti. Hasil wawancara dengan guru dan siswa, upaya yang dilakukan oleh guru internalisasi, integrasi, dan pembiasaan sudah diterapkan oleh siswa dalam kegiatan sehari-hari di lingkungan sekolah, tetapi ada beberapa siswa yang masih kurang menerapkannya, disebabkan karena karakter bawaan siswa itu sendiri. Proses penyampaian materi teks biografi dari strategi dan metode yang dilakukan oleh guru bahasa indoensia kepada siswa berjalan sesuai rencana, namun ada beberapa siswa yang masih butuh pendekatan lebih khusus lagi di kelas X IPS 4. Berdasarkan dari hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah proses pengimplementasian nilai-nilai karakter dalam teks biografi pada tokoh yang ada di dalamnya, sudah bisa diterapkan oleh siswa dalam kegiatan sehari-hari baik disekolah, maupun diluar sekolah. Data temuan dari hasil observasi siswa kelas X IPS 4 yang di nilai butuh penangan khusus oleh guru-guru yang mengajarnya sudah berkurang, karakter sopan-santun, tolong-menolong, dan rasa tanggung jawab pada pembelajaran sudah meningkat, jadi upaya yang dilakukan oleh guru mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalan materi pembelajaran teks biografi melalui penerapan sosok tokoh-tokoh yang baik untuk bisa dicontoh oleh siswa berjalan sesuai target guru, akan tetapi ada beberapa siswa kelas X IPS 4 yang masih membutuhkan pendekatan lebih khusus lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Mengimplementasikan Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Teks Biografi
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
800 Literature and Rhetoric > 807 Education and Research of Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Yasir Muhammad
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorCitraningrum, Dina Merdekanidn0717088701
Thesis advisorSusetyo, Agus Milunidn0718088602
Contact Email Address: yasirbarcelona234@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2020 01:12
Last Modified: 25 Jul 2020 01:12
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5041

Actions (login required)

View Item View Item