Anggraeni, Ayu Septi (2018) MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA USIA 4-5 TAHUN DI TK /KB AL IKHLAS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel.pdf Download (461kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (272kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Karakter Disiplin.Ular Naga Karakter adalah pembentukan watak anak dengan mengacu pada serangkaian sikap seperti perilaku, motivasi, dan keterampilan. Dengan begitu membentuk karakter pada anak dapat melalui dengan melatih perilaku anak setiap harinya, dengan memberikan motivasi pada anak agar anak dapat merubah perilakunya. Ular Naga adalah permainan yang dimainkan oleh anak-anak mulai dari anak TK-SD, permainan ular naga ini terdiri dari 5-10 anak. Anak-anak biasanya memainkannya saat libur sekolah atau sehabis pulang sekolah. Saat bermain ada lagu dan dialog yang akan dimainkan. Permainan Ular naga ini dapat meningkatkan karakter disiplin anak saat akan bermain. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan adalah ApakahMelalui bermain Ular naga Dapat Meningkatkan Karakter Disiplin Pada Anak Kelompok A di Tk/Al IKHLAS Jember Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian dilakukan untuk mengethaui apakah kemampuan disiplin anak kelompok A dapat meningkat melalui permainan Ular naga sekaligus untuk mengembagkan karakter disiplin anak setiap harinya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas anak dan hasil pembelajaran disekolah. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa karakter disiplin anak melalui Ular naga dapat berkembang secara optimal. Hai ini dibuktikan dengan adanya peningkatan belajara dimana pada siklus I mendapat prosentase 75% sedangkan pada siklus II, yang mendapat prosentase 90% , sehingga sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Hal ini berarti kegiatan Ular naga dapat meningkatkan karakter Disiplin anak Kelompok Bermain di TK AL-IKHLAS Jember tahun anjaran 2017-2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Anak Usia Dini | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2021 06:21 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2021 06:21 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7815 |
Actions (login required)
View Item |