MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA USIA 4-5 TAHUN DI TK /KB AL IKHLAS



Anggraeni, Ayu Septi (2018) MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA USIA 4-5 TAHUN DI TK /KB AL IKHLAS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Artikel.pdf] Text
Artikel.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Karakter Disiplin.Ular Naga
Karakter adalah pembentukan watak anak dengan mengacu pada
serangkaian sikap seperti perilaku, motivasi, dan keterampilan. Dengan begitu
membentuk karakter pada anak dapat melalui dengan melatih perilaku anak setiap
harinya, dengan memberikan motivasi pada anak agar anak dapat merubah
perilakunya.
Ular Naga adalah permainan yang dimainkan oleh anak-anak mulai dari
anak TK-SD, permainan ular naga ini terdiri dari 5-10 anak. Anak-anak biasanya
memainkannya saat libur sekolah atau sehabis pulang sekolah. Saat bermain ada lagu
dan dialog yang akan dimainkan. Permainan Ular naga ini dapat meningkatkan
karakter disiplin anak saat akan bermain.
Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan adalah
ApakahMelalui bermain Ular naga Dapat Meningkatkan Karakter Disiplin Pada Anak
Kelompok A di Tk/Al IKHLAS Jember Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian
dilakukan untuk mengethaui apakah kemampuan disiplin anak kelompok A dapat
meningkat melalui permainan Ular naga sekaligus untuk mengembagkan karakter
disiplin anak setiap harinya.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan
dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas anak dan hasil pembelajaran
disekolah.
Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa karakter disiplin
anak melalui Ular naga dapat berkembang secara optimal. Hai ini dibuktikan dengan
adanya peningkatan belajara dimana pada siklus I mendapat prosentase 75%
sedangkan pada siklus II, yang mendapat prosentase 90% , sehingga sudah memenuhi
ketuntasan klasikal. Hal ini berarti kegiatan Ular naga dapat meningkatkan
karakter Disiplin anak Kelompok Bermain di TK AL-IKHLAS Jember tahun anjaran
2017-2018.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Jatmikoati, Tri Endang
nidn#
UNSPECIFIED
Kusumaningtyas, Nuraini
nidn0721108101

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 12 Jan 2021 06:21
Last Modified: 12 Jan 2021 06:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7815

Actions (login required)

View Item View Item