Model-Model Pembelajaran PAI Pada Ketuna’an di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMP LB) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jember

Faris, Salman Al (2020) Model-Model Pembelajaran PAI Pada Ketuna’an di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMP LB) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a pendahuluan.pdf

Download (878kB)
[img] Text
b abstrak.pdf

Download (403kB)
[img] Text
c BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
d BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
e BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
f BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
g BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
h BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
I DAPUS.pdf

Download (342kB)
[img] Text
j Lampiran.pdf

Download (762kB)
[img] Text
k Artikel.pdf

Download (509kB)

Abstract

Sekolah menengah pertama YPAC Jember merupakan sekolahan yang mendidik siswa-siswa beerkebutuhan khusus atau ketuna’an, ada tiga jenis ketuna’an yaitu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunarungu. Fakta ini merupakan tantangan tersendiri bagi seorang pendidik untuk melakukan kegiatan belajar mengajar harus menentukan model-model yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah Penelitian ini: 1. Apa saja model-model pembelajaran PAI pada ketuna’an di SMP LB YPAC Jember? 2. Bagaimana cara menerapkan model model pembelajaran PAI di Masing-masing ketuna’an?. Tinjauan diatas sesuai dengan tujuan peneliti yaitu : 1. Untuk mengetahui model-model pembelajaran PAI pada ketuna’an di SMP LB YPAC Jember, 2. Untuk mengetahui cara-cara penerapan model-model pembelajaran PAI pada ketuna’an di SMP LB YPAC Jember. Metode penelitian mengunakan pendekatan kualitatif, jenis berupa studi kasus, sumber data di peroleh dari wawancara, jumblah responden 5 orang, 1 kepala sekolah, dan 4 guru kelas di SMP LB YPAC Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan hasil bahwa model-model pembelajaran pada ketuna’an Pendidikan Agama Islam adalah sebagai berikut; tunadaksa memakai model ceramah, tunarungu menggunakan model praktik metode bergambar sebagai alat bantu bahasa isyarat, dan tunagrahita mengunakan model private (di sesuaikan dengan kemampuan anak) dan penerapan model-model pembelajaran PAI di sesuaikan pada masing-masing ketuna’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Ketuna’an, Moldel Pembelajaran
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: faris salman al
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSetiawan, Bahar Agusnidn0717087802
UNSPECIFIEDPutra, Dhian Wahananidn0729108601
Contact Email Address: alfas6287@gmail.com
Date Deposited: 21 Jul 2020 01:14
Last Modified: 21 Jul 2020 01:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4774

Actions (login required)

View Item View Item