Faris, Salman Al (2020) Model-Model Pembelajaran PAI Pada Ketuna’an di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMP LB) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
a pendahuluan.pdf Download (878kB) |
|
Text
b abstrak.pdf Download (403kB) |
|
Text
c BAB I.pdf Download (528kB) |
|
Text
d BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) | Request a copy |
|
Text
e BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text
f BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
|
Text
g BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text
h BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text
I DAPUS.pdf Download (342kB) |
|
Text
j Lampiran.pdf Download (762kB) |
|
Text
k Artikel.pdf Download (509kB) |
Abstract
Sekolah menengah pertama YPAC Jember merupakan sekolahan yang mendidik siswa-siswa beerkebutuhan khusus atau ketuna’an, ada tiga jenis ketuna’an yaitu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunarungu. Fakta ini merupakan tantangan tersendiri bagi seorang pendidik untuk melakukan kegiatan belajar mengajar harus menentukan model-model yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah Penelitian ini: 1. Apa saja model-model pembelajaran PAI pada ketuna’an di SMP LB YPAC Jember? 2. Bagaimana cara menerapkan model model pembelajaran PAI di Masing-masing ketuna’an?. Tinjauan diatas sesuai dengan tujuan peneliti yaitu : 1. Untuk mengetahui model-model pembelajaran PAI pada ketuna’an di SMP LB YPAC Jember, 2. Untuk mengetahui cara-cara penerapan model-model pembelajaran PAI pada ketuna’an di SMP LB YPAC Jember. Metode penelitian mengunakan pendekatan kualitatif, jenis berupa studi kasus, sumber data di peroleh dari wawancara, jumblah responden 5 orang, 1 kepala sekolah, dan 4 guru kelas di SMP LB YPAC Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan hasil bahwa model-model pembelajaran pada ketuna’an Pendidikan Agama Islam adalah sebagai berikut; tunadaksa memakai model ceramah, tunarungu menggunakan model praktik metode bergambar sebagai alat bantu bahasa isyarat, dan tunagrahita mengunakan model private (di sesuaikan dengan kemampuan anak) dan penerapan model-model pembelajaran PAI di sesuaikan pada masing-masing ketuna’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Ketuna’an, Moldel Pembelajaran | |||||||||
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | faris salman al | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | alfas6287@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2020 01:14 | |||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2020 01:14 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4774 |
Actions (login required)
View Item |